Problematika Penerapan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 6 Kediri

Swari, Dessy Ratna (2019) Problematika Penerapan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (160kB)

Abstract

Akidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran di Madrasah Tsanawiyah yang mengembangkan keimanan dan ketakwaan peserta didik melalui pengajaran, bimbingan, pengalaman dan pembiasaan perilaku sesuai nilai-nilai ajaran Islam. Sehingga sikap peserta didik dalam keseharian juga dinilai oleh guru sesuai dengan prosedur penilaian autentik kurikulum 2013. Dimana guru tidak hanya melihat hasil belajar saja, tetapi juga melihat proses belajar yang mencakup keseimbangan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Tidak dipungkiri dalam penilaian autentik ini masih muncul problematika, karena perencanaan yang telah dibuat tidak sesuai dengan keadaan yang ada. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja bentuk-bentuk problematika yang dihadapi dalam penerapan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 6 Kediri? dan 2) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi dalam penerapan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 6 Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus, yang cara menganalisisnya melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Problematika yang dihadapi dalam penerapan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 6 Kediri, yaitu dalam penilaian sikap membutuhkan waktu yang lama dan banyak komponen yang harus dinilai, dalam penilaian pengetahuan problematikanya keadaan siswa yang tidak mendukung, dan dalam penilaian keterampilan sulitnya menilai siswa dalam jumlah yang banyak. 2) Solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi dalam penerapan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 6 Kediri, yaitu untuk penilaian sikap harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan berkoordinasi dengan wali kelas dan tim BK, untuk penilaian pengetahuan dilakukan pendekatan terhadap siswa yang tidak mendukung, dan untuk penilaian keterampilan dengan meningkatkan penguasaan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:47
Last Modified: 28 Mar 2024 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item