SABILA, EKA NUR (2023) Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di MIN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205022_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205022_bab1.pdf Download (894kB) |
|
Text
20205022_bab2.pdf Download (848kB) |
|
Text
20205022_bab3.pdf Download (670kB) |
|
Text
20205022_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20205022_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
|
Text
20205022_bab6.pdf Download (526kB) |
|
Text
20205022_daftarpustaka.pdf Download (759kB) |
|
Text
20205022_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932402220_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (182kB) |
Abstract
ABSTRAK EKA NUR SABILA, Dosen Pembimbing Dr. ERWIN INDRIOKO, M.Pd.I dan NILA LUKMATUS SYAHIDAH, M.Pd.I, Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Min 2 Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Media Sosial, Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan Pada lembaga pendidikan media sosial menjadi media pemasaran yang banyak digunakan. Khusunya pada madrasah yang berupaya untuk menjaga eksistensi dan mampu bersaing dengan madrasah lain. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah cara pemanfaatan media sosial dan implikasi yang ditimbulkan serta kendala dan solusi dari pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan strategi pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus, yaitu memperoleh sumber data dari kepala sekolah, humas, dan tim kreatif., siswa, dan wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pemasaran di lembaga madrasah dapat dilakukan melalui media sosial dengan cara meningkatkan brand awareness dengan menggunakan media sosial youtube, instagram, facebook dan whatsapp. Dengan menggunakan media sosial ini madrasah lebih mudah dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat luas, dengan cara konsisten mempublikasikan konten kegiatan madrasah. Media sosial juga dapat menjadikan MIN 2 Kediri lebih dekat dengan konsumen, melalui whatsapp dan website. Madrasah akan lebih mudah menyampaikan informasi melalui grup whatsapp disetiap masing-masing kelas dan website untu pengumpulan formulir PPDB. Media promosi yang digunakan adalah instagram, youtube, facebook, dan whatsapp, karena lebih menghemat biaya dan jangkauannya juga luas dibandingkan dengan pemasaran offline. Promosi juga dilakukan melalui pengiklanan di instagram pada awal PPDB yang bertujuan untuk kampanye. MIN 2 Kediri melakukan riset pasar dengan melihat visi misi dan semboyan madrasah tersebut maka, terciptalah beberapa kegiatan akademik seperti program tahfid dan robotika serta kegiatan non akademik seperti taekwondo, sepak bola, bulu tangkis, dan pramuka. Adapun dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan media sosial yaitu mempermudah dalam menyebarkan informasi. Dampak lain adanya komentar miring yang dilakukan oleh pihak lain. Sedangkan kendalanya berada pada SDM yang kurang memadai, keterbatasan sarana, dan jaringan kuota yang lemah. Alternatif solusi dengan memaksimalkan tugas tim kreatif dan menambah sarana yang dibutuhkan serta menambah jumlah wifi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | EKA NUR SABILA |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:42 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12315 |
Actions (login required)
View Item |