Implementasi Program Ngaji Pagi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Surat Pilihan Di MAN 2 Tuban

Choiriyatin, Tsalisatul (2023) Implementasi Program Ngaji Pagi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Surat Pilihan Di MAN 2 Tuban. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201166_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201166_bab1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
20201166_bab2.pdf

Download (476kB)
[img] Text
20201166_bab3.pdf

Download (141kB)
[img] Text
20201166_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
20201166_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
20201166_bab6.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ahdanya progam ngaji pagi yang diselenggarakan di MAN 2 Tuban dengan tujuan untuk membiasakan siswa siswi setiap hari membaca Al-Qur’an dan memiliki hafalan minimal juz 30 dan surat pilihan. Dengan adanya program ngaji pagi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal surat pilihan siswa di MAN 2 Tuban. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi program ngaji pagi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal surat pilihan di MAN 2 Tuban, dan 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program ngaji pagi di MAN 2 Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, penyusun buku keagamaan, guru pembimbing keagamaan, petugas ngaji pagi, dan siswa dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi program ngaji pagi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal surat pilihan di MAN 2 Tuban dilaksanakan melalui beberapa langkah yaitu: a) persiapan awal atau tahap menyediakan seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan; b) kegiatan pendahuluan yaitu tahap dilakukan seleksi pemilihan petugas ngaji pagi; c) kegiatan inti yaitu tahap di mana progam ngaji pagi ini dilaksanakan rutin setiap pagi yang dipandu oleh petugas ngaji pagi; d) penutup yaitu tahap dilaksanakan penilaian dalam bentuk ujian munaqosah keagamaan yang dilaksanakan di kelas XII, dan 2) Faktor pendukung dan penghambat program ngaji pagi di MAN 2 Tuban terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung implementasi program ngaji pagi dari segi internal ialah motivasi dan partisipasi siswa dalam mengikuti program ngaji pagi di MAN 2 Tuban, selanjutnya dari segi eksternal faktor pendukungnya ialah peran aktif dari seluruh warga madrasah, sarana dan prasarana yang memadai dan guru pembimbing memiliki kompetensi di bidang keagamaan. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi program ngaji pagi dari segi internal ialah siswa memiliki karakteristik yang beragam, rasa malas dan keterlambatan siswa, selanjutnya faktor dari segi eksternal ialah keterbatasan waktu, dan lingkungan siswa yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tsalisatul Choiriyatin
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:35
Last Modified: 08 Mar 2024 07:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12175

Actions (login required)

View Item View Item