Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA berdasarkan Proses DAPIC ditinjau dari Disposisi Matematis pada Materi Geometri Transformasi

Purnamasari, Sri Utami (2023) Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA berdasarkan Proses DAPIC ditinjau dari Disposisi Matematis pada Materi Geometri Transformasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932307319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932307319_bab1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932307319_bab2.pdf

Download (391kB)
[img] Text
932307319_bab3.pdf

Download (561kB)
[img] Text
932307319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932307319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
932307319_bab6.pdf

Download (113kB)
[img] Text
932307319_daftarpustaka.pdf

Download (346kB)
[img] Text
932307319_sp.pdf

Download (255kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi geometri transformasi ditinjau dari disposisi matematis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode naratif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa dari disposisi matematis tingkat tinggi, 2 siswa disposisi tingkat sedang, dan 2 siswa disposisi matematis tingkat rendah. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen berupa angket disposisi matematis, tes kemampuan pemecahan masalah pada materi geometri transformasi, dan wawancara kemampuan pemecahan masalah pada subjek penelitian total 35 siswa kelas XII di SMAN 1 Ngadiluwih. Instrumen angket, soal tes dan pedoman wawancara yang digunakan sudah divalidasi oleh 2 orang validator ahli dosen prodi tadris matematika yang ahli pada bidangnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa kelas XII MIPA-1 di SMAN 1 Ngadiluwih terbagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik dari 2 kategori kemampuan disposisi matematis yang lain walaupun kurang sempurna. Siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematis sedang mampu memenuhi indikator define, implement dan plan. Siswa yang memiliki disposisi matematis rendah hanya mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah define. Kemudian diperoleh kesimpulan berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan disposisi matematis siswa antara lain, (a) Pemahaman materi yang telah dipelajari; (b) Memeriksa kembali hasil yang telah dikerjakan; (c) Mengolah data yang dimiliki; (d) Kepercayaan diri mengerjakan persoalan; (e) Terbiasa dengan soal pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Sri Utami Purnamasari
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:03
Last Modified: 26 Feb 2024 04:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12033

Actions (login required)

View Item View Item