Novitasari, Afifah Indra (2023) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Segi Empat dan Segitiga berdasarkan Gender dan Gaya Belajar VAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932308019_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932308019_bab1.pdf Download (370kB) |
|
Text
932308019_bab2.pdf Download (486kB) |
|
Text
932308019_bab3.pdf Download (502kB) |
|
Text
932308019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932308019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
932308019_bab6.pdf Download (247kB) |
|
Text
932308019_daftar_pustaka.pdf Download (266kB) |
|
Text
932308019_sp.pdf Download (140kB) |
Abstract
Kurang optimalnya kemampuan komunikasi matematis siswa dapat mempengaruhi kemampuan matematika yang dimilikinya yang berlawanan dengan tujuan dari pembelajaran matematika itu sendiri salah satunya adalah mampu menyampaikan ide atau gagasan matematis melalui gambar, simbol, diagram, grafik, tabel, dan lain sebagainya dalam penyelesaian permasalahan matematika. Di samping itu penelitian-penelitian terdahulu menyatakan bahwa gender merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kemampuan matematis yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain gender, gaya belajar juga mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis karena gaya belajar siswa berpengaruh terhadap bagaimana cara siswa menangkap dan memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik serta perbedaan gender dalam pemecahan masalah materi segi empat dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan kepada siswa kelas VIII-J SMP Negeri 1 Grogol Kabupaten kediri dan diambil 6 sampel penelitian. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah angket gaya belajar, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan dengan gaya belajar visual lebih baik daripada siswa laki-laki. Pada gaya belajar auditorial kemampuan komunikasi matematis siwa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki. Pada gaya belajar kinestetik juga menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik daripada laki-laki. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki pada setiap gaya belajar. Hasil temuan dalam penelitian ini nantinya diharapkan akan memberikan kontribusi secara teoritis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran matematika yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education (Gender, Seksualitas dan Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Afifah Indra Novitasari |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 04:04 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 04:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12031 |
Actions (login required)
View Item |