Mudrikah, Luluátul (2023) Implementasi Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Sedang di SDLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107317_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932107317_bab1.pdf Download (240kB) |
|
Text
932107317_bab2.pdf Download (337kB) |
|
Text
932107317_bab3.pdf Download (180kB) |
|
Text
932107317_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
932107317_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text
932107317_bab6.pdf Download (175kB) |
|
Text
932107317_daftarpustaka.pdf Download (168kB) |
|
Text
932107317_sp.pdf Download (118kB) |
Abstract
Anak tunagrahita sedang adalah anak yang memiliki kemampuan intelegensi dibawah rata-rata. Kecerdasan yang dimiliki berkisar 35-55. Hal ini mengakibatkan anak mudah lupa dan kurang dapat berinteraksi dengan baik. Ia tergolong anak yang mampu latih dan terbatas dalam segi akademik. Semua manusia tentu membutuhkan agama sebagai pandangan hidup. Pendidikan agama penting diterapkan di lembaga pendidikan. Tak heran jika banyak guru kesulitan menerapkan PAI pada anak tunagrahita sedang karena latar belakang pendidikan guru bukan PAI khusus dan dalam program studi PAI tidak ada mata kuliah Pendidikan khusus. Maka penelitian ini dirasa penting untuk mengetahui bagaimana penerapan PAI bagi anak tunagrahita sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI untuk anak tunagrahita sedang di SDLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi baik sumber maupun metode. Hasil penelitian: (1) Perencanaan: Assessment dan observasi siswa selama 3 bulan pertama untuk mengetahui kemampuan siswa dan penyederhanaan rencana pembelajaran. (2) Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan beberapa metode yakni: (a) Pembiasaan. Pembiasaan pada surat- surat pendek, mengahafal do’a sebelum belajar dan sesudah belajar, materi kebersihan. (b) Demonstrasi. Menirukan gerakan shalat dan menirukan guru cara menjaga kebersihan. (c) Metode Visual. Digunakan untuk menerangkan kegunaan masjid, Al-Qur’an, sifat yang baik dan buruk. (3) Evaluasi pembelajaran menyesuaikan kemampuan siswa. Ada Teknik tes dan non tes. Tes digunakan Ketika ujian dan non tes digunakan untuk evaluasi sikap dan perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lulu`Atul Mudrikah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:19 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11767 |
Actions (login required)
View Item |