Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Arab Kelas 8B MTsN 2 Kota Kediri

Al Fatah, Latifulloh (2023) Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Arab Kelas 8B MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932510219_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932510219_bab1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
932510219_bab2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932510219_bab3.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932510219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
932510219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
932510219_bab6.pdf

Download (485kB)
[img] Text
932510219_daftarpustaka.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932510219_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi ltt.pdf

Download (104kB)

Abstract

Ilmu fonologi adalah komponen dalam bahasa arab. Unsur fonologi meliputi mufrodat, dan tarkib. MTsN 2 Kota Kediri terdapat pelajaran bahasa arab. Penelitian ini bertujuan agar kami mengetahui kemampuan siswa di dalam menguasai unsur-unsur bahasa arab. Kami fokuskan pada suara. Setelah diteliti ternyata mereka memiliki beberapa kesulitan dan kesalahan dalam pengucapan. Maka kami ingin mengidentifikasi kesalahan pelafalan yang masih terjadi di MTsN 2 Kota Kediri terkhusus kelas 8B. Karena hal ini penting untuk keberlangsungan pembelajaran bahasa arab. Maka demikian kami merumuskan 2 rumusan masalah, yang pertama adalah bagaimana bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas 8B Mtsn 2 Kota Kediri tahun pelajaran dan rumusan masalah yang kedua Apa faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam membaca teks Bahasa arab pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII Mtsn 2 Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan pendekatan penelitiannya adalah penelitian Lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun hasil penelitian menghasilkan 2 hasil temuan. Pertama dari bentuk kesalahan yang ada yaitu terdiri dari kesalahan dalam mengganti huruf-huruf al-Lisan, al-Halaq, al-Jauf, dan as-Syafatain, seperti kesalahan dalam huruf . ك ,ق,أ,ع,س,ص,ض,ظKarena pembelajaran bahasa arab di kelas cenderung monoton sehingga siswa mengalami kesalahan dalam hal ini. Kedua faktor penyebab kesalahan yaitu beberapa kesamaan huruf bahasa Arab dengan Indonesia, kurangnya pengetahuan tentang perbedaan antara huruf Hijaiyah dan kurangnya Latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040910 'Ilmu al-Lughah al-Nafsiy (Arabic Psycholinguistics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Latifulloh Al Fatah
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:20
Last Modified: 14 Mar 2024 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11602

Actions (login required)

View Item View Item