Peran Online Shop Dalam Meningkatkan Gaya Hidup Konsumtif Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri)

Chairunissa, Ardyan Maurizka (2023) Peran Online Shop Dalam Meningkatkan Gaya Hidup Konsumtif Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931305216_prabab.pdf

Download (874kB)
[img] Text
931305216_bab1.pdf

Download (641kB)
[img] Text
931305216_bab2.pdf

Download (737kB)
[img] Text
931305216_bab3.pdf

Download (194kB)
[img] Text
931305216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
931305216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
931305216_bab6.pdf

Download (260kB)
[img] Text
931305216_daftarpustaka.pdf

Download (380kB)
[img] Text
931305216_Sp.pdf

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Chairunissa, Ardyan Maurizka, 2023. Peran Online Shop Dalam Meningkatkan Gaya Hidup Konsumtif Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri), Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Achmad Munif, SE., MM dan (2) Amrul Mutaqin, M.EI. Kata Kunci: Gaya Hidup Konsumtif, Prinsip Konsumsi Islam Proses modernisasi hampir merambah di semua bidang kehidupan, dan sebagai produk modernitas, globalisasi telah menawarkan kemudahan bagi manusia. Seperti yang kita ketahui perilaku konsumtif sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Dahulu masyarakat tidak terlalu mementingkan urusan penampilan dan gaya hidup, tapi kini urusan penampilan dan gaya hidup mulai menjadi perhatian serius. Sebelum terjadi budaya konsumtif, awalnya masyarakat hanya mengkonsumsi barang untuk kebutuhan produksi dan konsumsi yang cukup. Namun sekarang masyarakat lebih suka mengkonsumsi segala sesuatunya dengan berlebihan. Tak terkecuali yang terjadi pada kalangan mahasiswa. Hal ini juga dirasakan oleh mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif dan prinsip konsumsi dalam Islam yang terjadi pada mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini sebanyak 6 mahasiswa yang dapat mewakili mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya deskripsi mengenai perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri berdasarkan indikator perilaku konsumtif menurut Sumartono secara umum cenderung tergolong perilaku konsumtif impulsif, hal ini ditandai dengan adanya indikatorindikator yaitu diantaranya membeli produk karena iming-iming hadiah, membeli produk karena kemasnnya menarik, membeli produk demi menjaga penampilan diri, membeli produk atas pertimbangan harga dan bukan atas dasar manfaat atau kegunaan, membeli produk hanya sekedar menjaga simbol status, memakai produk karena unsur konformitas terhadap model yg mengiklankan, munculnya penilaian bahwa membeli produk dengan harga mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi dan mencoba lebih dari dua produk sejenis dengan merek yang berbeda. Perilaku mahasiswa dalam membeli barang online shop yang irasional atau konsumtif tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah pada ayat alquran surat al-an’am ayat 162 tentang tujuan utama konsumsi dan al-quran surat Al-Isra’ ayat 26-27 tentang larangan israf (boros dan berlebih-lebihan), namun ix perilaku mahasiswa lainnya yang rasional masih sesuai dengan prinsip konsumsi islam seperti prinsip syariah, prinsip prioritas dan prinsip moralitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Andyan Maurizka Chairunnissa
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:20
Last Modified: 15 Jan 2024 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item