Sari, Marisa Oktavia (2023) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Madu Kaliandra Di Produsen Madu Sumber Podang Semen Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931300418_PraBab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931300418_Bab1.pdf Download (423kB) |
|
Text
931300418_Bab2.pdf Download (206kB) |
|
Text
931300418_Bab3.pdf Download (459kB) |
|
Text
931300418_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
|
Text
931300418_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
931300418_Bab6.pdf Download (192kB) |
|
Text
931300418_DaftarPustaka.pdf Download (205kB) |
|
Text
931300418_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan konsumsi madu mendorong munculnya berbagai industri madu berskala kecil, sedang maupun besar sehingga laju persaingan usaha semakin ketat. Pelaku bisnis harus benar-benar memperhatikan pelanggannya dengan merancang dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kualitas produk bisa menjadi sesuatu hal yang paling dicari ketika pemilihan produk oleh pelanggan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Madu Kaliandra di Produsen Madu Sumber Podang Semen Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Variabel bebas (X) dalam penelitian adalah Kualitas Produk dan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan. Jumlah populasinya sebanyak 109 responden yaitu seluruh pelanggan tetap Madu Kaliandra di Produsen Madu Sumber Podang Semen Kabupaten Kediri. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan menggunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 109 responden. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 21, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa korelasi antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan adalah kuat. Hal ini dibuktikan nilai pearson correlation sebesar 0,649 yang terletak diantara nilai 0,60-0,799. Hasil analisis menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana Y=15,342+0,511X. Variabel kualitas produk secara parsial mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan hal ini ditunjukkan pada nilai nilai thitung > ttabel = 7,238 > 1,667 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti seacara parsial terdapat pengaruh kualitas produk (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Dari hasil analisis diperoleh hasil koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,421 yang berarti adanya pengaruh diantara variabel bebas kualitas produk terhadap variabel terikat kepuasan pelanggan sebesar 42,1%. Sedangkan sisanya (100%-42,1%=57,9%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu faktor kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Marisa Oktavia Sari |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 01:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 01:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11556 |
Actions (login required)
View Item |