Peran Inovasi Produk Batik Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada CV. Bumi Panji Batik Lochatara Kab. Kediri)

Sari, Riza Ayu Novita (2023) Peran Inovasi Produk Batik Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada CV. Bumi Panji Batik Lochatara Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931318618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931318618_bab1.pdf

Download (762kB)
[img] Text
931318618_bab2.pdf

Download (940kB)
[img] Text
931318618_bab3.pdf

Download (509kB)
[img] Text
931318618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
931318618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text
931318618_bab6.pdf

Download (205kB)
[img] Text
931318618_daftarpustaka.pdf

Download (376kB)
[img] Text
931318618_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Riza Ayu Novita Sari, NIM 931318618, Dosen Pembimbing : Rofik Efendi S.Kom. MM dan Dr. Muhamad Wildan Fawa'id, MEI. : "Peran Inovasi Produk Batik Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus CV. Bumi Panji Batik Lochatara Kab. Kediri) Kata Kunci: Inovasi Produk, Volume Penjualan Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, sangat berbahaya bagi suatu perusahaan untuk hanya mengandalkan produk yang ada tanpa usaha tertentu untuk memperoleh hasil pengembangannya. Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan serta memperluas pangsa pasar, setiap perusahaan harus berupaya untuk meningkatkan perubahan dan inovasi produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik. Sehingga memberikan kegunaan, kepuasan dan daya tarik lebih kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentukbentuk inovasi produk batik yang dilakukan oleh Batik Lochatara dan bagaimana peranan inovasi produk batik dalam meningkatkan volume penjualan di Lochatara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, yang membutuhkan penelitian di lapangan. Sumber informasi utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya merupakan data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Batik Lochatara menerapkan inovasi produk terkait desain motif batik, pengembangkan model produk, dan inovasi kemasan/packaging. Melakukan inovasi produk dengan menciptakan produk baru, dengan cara tidak menghilangkan produk lama tetapi memodifikasi produk lama menjadi produk yang lebih inovatif. Sesuai dengan ayat Al-Qur'an tentang mendorong inovasi agar tidak tertinggal ketika yang lain maju. Berdasarkan data penjualan Batik Lochatara mengalami peningkatan penjualan dari tahun 2018 ke tahun 2019 meningkat sebesar 35%, tahun 2019 ke tahun 2020 mengalami penurunan yang sangat drastis akibat pandemi covid yaitu sebesar 44%, kemudian tahun 2020 ke tahun 2021 mengalami peningkatan yang cukup tajam yaitu sebesar 49%, dan tahun 2021 ke tahun 2022 meningkat sebesar 54%. Penerapan inovasi produk yang dilakukan Batik Lochatara, inovasi yang dilakukan sangat berperan penting untuk meningkatkan penjualan, karena dengan menghadirkan inovasi produk yang menarik membuat konsumen ingin mencoba variasi produk terbaru, sehingga dapat meningkatkan volume penjualan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Riza Ayu Novita Sari
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:27
Last Modified: 12 Jan 2024 07:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item