Strategi Komunikasi Pemasaran Online Mazoya di Marketplace Shopee

Fadhila, Luthfi Auliya (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Online Mazoya di Marketplace Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933509817_prabab.pdf

Download (829kB)
[img] Text
933509817_bab1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
933509817_bab2.pdf

Download (247kB)
[img] Text
933509817_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
933509817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
933509817_bab5.pdf

Download (155kB)
[img] Text
933509817_daftarpustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
933509817_sp.pdf

Download (312kB)

Abstract

Media pemasaran online atau marketplace di Indonesia yang banyak diminati adalah Shopee, yaitu dengan jumlah ulasan di playstore sebanyak 9.244.302. Kategori produk yang banyak dijual dan diminati adalah fashion, seperti halnya pada Mazoya yang berfokus pada jenis fashion jilbab. Melalui marketplace Shopee, Mazoya sudah memperoleh predikat Star+ dan berhasil mencapai lebih dari 147,8 ribu penjualan. Keberhasilan yang didapatkan olehMazoya tersebut, adalah hasil dari beberapa usaha me lalui komunikasi onlineuntuk memasarkan produknya. Berdasarkan pada beberapa hal tersebut, dilakukan penelitian untuk mendalami strategi komunikasi pemasaran online yang diterapkan Mazoya di marketplace Shopee. Tujuan penelitian ini adalah mendalami strat egi komunikasi pemasaran online yang diterapkan pada marketplace Shopee.Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi . Analisis data yang digunakan dikaitkan dengan teori bauran promosi atau promotion mix. Selanjutnya, untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode atau tek nik.Hasil strategi komunikasi pemasaran online Mazoya melalui marketplaceShopee adalah menerapaka n lima elemen bauran promosi atau promotion mix.Pemanfaatan fitur iklan yang tersedia dengan memasarkan produk-produkMazoya. Promosi penjualan dengan memberikan harga grosir, diskon untuk hampir semua produk, gratis ongkir extra, serta mengikuti setiap event yang tersedia. Pelayanan yang diberikan adalah dengan tetap menjaga kualitas produk dan hubungan baik dengan pelanggan. Penerapan untuk pemasaran langsung memanfaatkan fitur live, dan dekorasi toko. Selain itu, penjualan pribadi melalui fitur chat dengan mengarahkan pada produk pilihan .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: luthfi auliya
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:04
Last Modified: 02 Jan 2024 04:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item