Lailia, Maulida Jamilatu (2023) Penerapan pembelajaran quantum teaching dan resource-based learning metode ummi dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al qur’an Siswa Kelas 3 di MIN 4 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932129717_prabab.pdf Download (695kB) |
|
Text
932129717_bab1.pdf Download (414kB) |
|
Text
932129717_bab2.pdf Download (560kB) |
|
Text
932129717_bab3.pdf Download (500kB) |
|
Text
932129717_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text
932129717_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Text
932129717_bab6.pdf Download (197kB) |
|
Text
932129717_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Lailia.pdf Download (110kB) |
Abstract
ABSTRAK Lailia, Maulida Jamilatu, Dosen Pembimbing Ummiy Fauziyah Laili, M.Si, dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd, Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching Dan Resource-Based Learning Materi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Pemahaman Internal Siswa Kelas 3 Di MIN 4 Nganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Metode Ummi, Quantum Teaching, Resource – Based Learning. MIN 4 Nganjuk merupakan salah satu sekolah berbasis madrasah yang mewajibkan siswanya untuk mengikuti materi tambahan yaitu materi Metode Ummi. Metode Ummi merupakan metode yang mengenalkan cara membaca Al Qur’an dengan tartil. Dalam pembelajaran metode Ummi menggunakan sebuah pendekatan. Pendekatan itu adalah pendekatan bahasa ibu yang pada hakekatnya pendekatan dengan metode langsung, diulang-ulang dan Kasih Sayang Tulus. Berbagai cara penerapan pembelajaran kepada siswa diharapkan lebih memudahkan siswa untuk memahami dan mempelajari materi yang disampaikan salah satunya dengan penerapan Quantum Teaching (pembelajaran kuantum) dan Resource – Based Learning (sumber belajar) yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa, meningkatkan motivasi dan minat belajar, meningkatkan daya ingat, meningkatkan rasa kebersamaan dan meingkatkan kualitas pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 3 di MIN 4 Nganjuk. pengumpulan data diambil melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk mengambil hasil tersebut, peneliti menggunakan cara reduksi data, penyajian data,dan penjelasan kesimpulan data. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data,peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode Ummi merupakan salah satu dari keunggulan materi pembelajaran tambahan yang diselenggarakan pihak lembaga madrasah. (2) penerapan pembelajaran quantum teaching dan resource based learning padamateri metode ummi merupakan jalan tengah dalam meningkatkan kualitas penyampaian materi pembelajaran. (3) perubahan pemahaman internal siswa di lakukan dengan inti dari tujuan penerapan pembelajaran quantum teaching dan resource based learning yang mengalami perubahan cara pemahaman siswa yang sesuai dengan tujuan hasil pembelajaran yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MAULIDA JAMILATU LAILIA |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 02:46 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11417 |
Actions (login required)
View Item |