تطوير مادة المفردات على الأساس الموضوعي لترقية كفاءة المفردات لدي طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية سونان أمبيل بلوسوكلاتين

Agustina, Titik (2023) تطوير مادة المفردات على الأساس الموضوعي لترقية كفاءة المفردات لدي طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية سونان أمبيل بلوسوكلاتين. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932512119_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932512119_bab1.pdf

Download (773kB)
[img] Text
932512119_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932512119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932512119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932512119_bab5.pdf

Download (560kB)
[img] Text
932512119_daftarpustaka.pdf

Download (636kB)
[img] Text
932512119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Titik Agustina. Pembimbing 1: Moh. Sholeh Afyuddin, M.Pd. dan pembimbing 2: Dr. Mohamad Anang Firdaus, M.Pd.I. Pengembangan materi mufrodat berdasarkan tematik untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada siswa kelas X MA Sunan Ampel Plosoklaten. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Arab.IAIN Kediri.2023. Kata kunci: Materi mufrodat, Tematik, Penguasaan mufrodat Pengajaran mufrodat merupakan suatu pengajaran yang memuat semua unsur-unsur yang terkandung dalam pengajaran bahasa Arab, karena belajar mufrodat berarti sama saja dengan belajar bahasa itu sendiri. Sehingga mufrodat memegang peranan penting dalam bahasa Arab. Salah satu sarana yang dapat membantu dan memudahkan sisa dalam mempelajari bahasa arab adalah dengan adanya materi mufrodat (buku mufrodat) khususnya bagi siswa yang sebelumnya belum pernah belajar bahasa arab. Di MA Sunan Ampel terdapat beberapa permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi karena minimnya penguasaan mufrodat, selain itu di sekolah juga belum ada media khusus untuk belajar mufrodat. Sedangkan dalam pembelajaran bahasa arab tingkat menengah materi mufrodat berhubungan langsung dengan tema-tema tertentu. Jadi siswa membutuhkan buku mufrodat khusus untuk memudahkan dalam pembelajaran. Dari sini peneliti mengembangkan buku mufrodat berdasarkan tematik untuk membantu siswa memahami materi dan meningkatkan penguasaan mufrodat. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang melalui lima tahap pengembangan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli konstruk, ahli isi, dan angket respon siswa sebanyak 18 . Sedangkan data kualitatif didapat dari kritik dan saran yang diberikan oleh validator. Hasil dari validasi konstruk memperoleh nilai 98%, validasi materi memperoleh nilai 98% dan hasil angket respon siswa memperoleh nilai 88,89% . Adapun hasil uji lapangan diperoleh 0,000 < 0,05, dimana terdapat perbedaan yang signifikan dan pengaruh yang bermakna antara pre tes dan post tes. Hal ini menunjukkan bahwa buku mufrodat bahasa arab kelas X untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas X MA Sunan Ampel Plosoklaten efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Titik Agustina
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:03
Last Modified: 02 Jan 2024 04:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item