Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Akademik di MTs Ma'arif 1 Jombang

Widyawati, Mayada (2023) Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Akademik di MTs Ma'arif 1 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932133119_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932133119_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932133119_bab2.pdf

Download (503kB)
[img] Text
932133119_bab3.pdf

Download (481kB)
[img] Text
932133119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
932133119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
932133119_bab6.pdf

Download (511kB)
[img] Text
932133119_daftar_pustaka.pdf

Download (388kB)
[img] Text
932133119_sp.pdf

Download (164kB)

Abstract

Dunia pendidikan di era zaman sekarang semakin berkembang pesat dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Agar dapat mengimbangi perubahan, perkembangan dan kebutuhan zaman tersebut maka diperlukan adanya pendidikan spiritual didalamnya untuk tetap memiliki akhlak dan moral yang baik. Kualitas PAI sangat ditentukan oleh kemampuan kepala madrasah sebagai supervisor dalam memberdayakan serta meningkatkan kualitas pendidik dalam mengajar. Kepala madrasah sebagai supervisor akademik bertugas membina madrasahnya agar berhasil mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan dan harus mampu mengurus serta mengkoordinir segala kegiatan yang telah disepakati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data penelitian mulai dari foro kegiatan penelitian dan hasil dari pedoman wawancara di MTs Ma’arif 1 Jombang bersama kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan salah satu guru mapel PAI yang ada di MTs Ma’arif 1 Jombang. Teknik analisa yang dipergunakan peneliti meliputi redukasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui supervisi akademik di MTs Ma’arif 1 Jombang adalah dengan melakukan rapat perencanaan program supervisi, melakukan perencanaan supervisi akademik diawal tahun dan melibatkan guru dalam perencanaan supervisi. 2. Pelaksanaan supervisi akademik di MTs Ma’arif 1 Jombang dilakukan dengan menggunakan teknik perorangan dan teknik kelompok, serta adanya evaluasi supervisi setelah pelaksanaan. 3. Peningkatan kualitas guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran melalui supervisi akademik di MTs Ma’arif 1 Jombang dilakukan dengan pengelolaan kualitas pembelajaran, pembagian tugas mengajar yang sesuai dan penguasaan metodologi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MAYADA WIDYAWATI
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:45
Last Modified: 22 Dec 2023 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11338

Actions (login required)

View Item View Item