Maulida, Fitcha (2023) تطوير مادة المفردات المبنية على الوسائل التعليمية Flannelgraph بالتطبيق لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية "سونان أمفيل" فاري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932502616_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932502616_bab 1.pdf Download (442kB) |
|
Text
932502616_bab 2.pdf Download (763kB) |
|
Text
932502616_bab 3.pdf Download (484kB) |
|
Text
932502616_ bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
Text
932502616_bab 5.pdf Download (238kB) |
|
Text
932502616_daftar pustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
Surat Pernyataan.pdf Download (328kB) |
Abstract
Pengembangan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa baik secara lisan maupun tulisan merupakan tujuan utama dalam pembelajaran bahasa Arab. Keterampilan berbahasa dibagi menjadi empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk meningkatkan keempat keterampilan ini, siswa harus memiliki kosakata yang banyak. Kosa kata merupakan komponen penting dalam pembelajaran bahasa. Terutama dalam belajar bahasa Arab. Tidak mungkin seseorang menguasai bahasa Arab tanpa mempelajari kosa kata bahasa Arab. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan materi mufratad berdasarkan media pembelajaran flannelgraph untuk siswa kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Pare?, 2) Bagaimana kelayakan materi mufradat berdasarkan media pembelajaran flannelgraph untuk siswa kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Pare? Prosedur pengembangan dan penelitian menggunakan beberapa tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar cek, observasi, wawancara dan angket. Untuk mengetahui Kelayakan media pembelajaran dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan judul “Pengembangan Mufratad Berbasis Media Pembelajaran Flanelgraph untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Pare. Hasil penelitian diperoleh dari dua ahli mata pelajaran dan dua ahli media, dengan skor ahli media 92% dan ahli mata pelajaran 75%. Berdasarkan tabel persentase kriteria validitas diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran kain flanel ditinjau dari aspek media dan fisik dinyatakan “sangat layak”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fitcha Maulida |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 07:26 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 07:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11308 |
Actions (login required)
View Item |