PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI SABILURROSYAD

KARIMAH, LARINDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI SABILURROSYAD. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
932603319_bab1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
932603319_bab2.pdf

Download (459kB)
[img] Text
932603319_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
932603319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932603319_bab5.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932603319_daftarpustaka.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932603319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932603319_suratpernyataan.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Larinda Karimah, Dosen pembimbing Choiru Umatin, M.Pd, dan Apriliyani Diah Kartikasari, M.Pd, Pengembangan Media Big Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Sabilurrosyad, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Pengembangan Media, Media Big Book, Hasil Belajar Media pembelajaran merupakan alat bantu belajar yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara di MI Sabilurrosyad pada proses pembelajaran media yang digunakan pendidik berupa hanya buku LKS yang dimana didalamnya terdapat banyak materi dan gambar yang berwarna hitam putih sehingga peserta didik kurang paham materi yang disampaikan dan berdampak pada hasil belajarnya. Oleh karena itu sebagai pendidik dituntut untuk bisa mengembangkan media pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang hasil belajar yang maksimal khususnya pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Sabilurrosyad. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Pengembangan media Big Book pada mata pelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi kelas IV MI Sabilurrosyad, (2) Kelayakan media Big Book pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas IV MI Sabilurrosyad, (3) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Sabilurrosyad sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran Big Book. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melalui lima tahapan meliputi: Tahap analisis kebutuhan, kurikulum dan peserta didik, tahap perancangan merancang penyusunan format produk, tahap pengembangan mengembangkan media Big Book sesuai dengan rancangan. Setelah produk selesai dikembangkan kemudian dilakukan validasi untuk mengetahui kelayakan media, tahap implementasi uji coba kelompok kecil berjumlah 5 peserta didik dan kelompok besar berjumlah 16 peserta didik, tahap evaluasi perbaikan produk yang telah dikembangkan sesuai dengan saran dan komentar validator. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan media Big Book ini sesuai analisis kebutuhan, kurikulum dan peserta didik yang memerlukan adanya media pembelajaran Big Book sebagai penunjang proses pembelajaran. (2) Kelayakan media pembelajaran Big Book pada ahli media 80% dengan kriteria “Layak”, ahli materi 85,3% dalam kategori “Sangat Layak”, kemudian peneliti melanjutkan uji coba. (3) Efektivitas media pembelajaran Big Book diujicobakan pada kelompok kecil yang berjumlah 5 peserta didik, sebelum penggunaan media Big Book diperoleh hasil rata-rata 68 dan setelah penggunaan media Big Book memperoleh nilai rata-rata 90 dengan N-Gain 0,75 dalam kategori peningkatan tinggi. Pada kelompok besar berjumlah 16 peserta didik sebelum menggunakan media Big Book diperoleh nilai rata-rata 70,6 dan sesudah menggunakan media Big Book nilai rata-rata 96,8 dengan kategori peningkatan tinggi. Dengan demikian media Big Book dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Sabilurrosyad dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Larinda Karimah
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:13
Last Modified: 18 Dec 2023 07:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item