Penerapan Key Activities Dan Key Resources Dalam Pengembangan Value Proposition Pada Usaha Jasa Deter_Gent Laundry Kediri

Kholifanti, Aliffida (2023) Penerapan Key Activities Dan Key Resources Dalam Pengembangan Value Proposition Pada Usaha Jasa Deter_Gent Laundry Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307616_prabab.pdf

Download (6MB)
[img] Text
931307616_bab 1.pdf

Download (693kB)
[img] Text
931307616_bab2.pdf

Download (546kB)
[img] Text
931307616_bab3.pdf

Download (453kB)
[img] Text
931307616_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
931307616_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
931307616_bab6.pdf

Download (336kB)
[img] Text
931307616_daftarpustaka.pdf

Download (467kB)

Abstract

Karya ilmiah ini mengkaji strategi pendekatan 3 aspek pada business model canvas yaitu key activities dan key resources untuk mengembangkan value proposition usaha jasa Deter_Gent Laundry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban atas dua pertanyaan yaitu bagaimana penerapan strategi key activities dan key resources pada usaha layanan Deter_Gent Laundry dan bagaimana penerapan strategi key activities dan key resources dalam pengembangan value proposition pada usaha Deter_Gent Laundry Kediri. Penelitian ini menerapkan metodologi kualitatif deskriptif. Peneliti mewawancarai pemilik usaha, karyawan, dan konsumen/mitra. Metode pengambilan data termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan metode seperti triangulasi, penentuan pengamatan dalam observasi, dan keterlibatan peneliti. Tahap pra-lapangan, tahap di lapangan, tahap analisis, dan tahap penulisan laporan adalah tahap terakhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan key activities dan key resources pada usaha Deter_Gent Laundry Kediri bermula dari banyaknya usaha jasa laundry membuat persaingan semakin ketat sehingga dengan keadaan tersebut Deter_Gent Laundry berusaha memanfaatkan berbagai upaya terkait aktivitas utama/produksi dan sumber daya usaha. Dalam pelaksanannya Deter_Gent Laundry memiliki strategi key activities dan key resources menarik untuk diberikan pada konsumen. Berdasarkan analisis indikatornya key activities ada 3 yaitu produksi, pemecah masalah, dan platform. Dari keseluruhan aspek tersebut semua sudah terpenuhi namun aspek platform atau jaringan membutuhkan perhatian lebih seperti website yang belum terlengkapi fiturnya. Sedangkan dari strategi key resources di analisis melalui 6 elemen, Deter_Gent Laundry ada 5 elemen yang terpenuhi yaitu fisik, manusia, finansial, teknologi, dan saluran (channel) yang dapat diaplikasikan dengan strategi pemasaran terbaik bagi produknya dan (2) Penerapan penerapan key activities dan key resources dalam pengembangan value proposition pada usaha Deter_Gent Laundry Kediri telah menerapkan 10 elemen pada jasa Laundry. Sepuluh elemen tersebut sesuai dengan wawancara yang didapatkan yaitu kebaruan, kinerja, penyelesaian pekerjaan, desain, merek/status, harga, pengurangan risiko, akses, kenyamanan dan kemudahan. Penerapan key activities dan key resources dalam pengembangan value proposition di atas sangat sesuai dengan kondisi masyarakat setempat yang sesuai dengan segmen konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: ALIFFIDA KHOLIFANTI
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:56
Last Modified: 18 Dec 2023 06:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item