Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau Dari Gender

Maghfiroh, Arum (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau Dari Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305219_prabab.pdf

Download (940kB)
[img] Text
932305219_bab1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932305219_bab2.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932305219_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
932305219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932305219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
932305219_bab6.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932305219_daftar_pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932305219_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (16).pdf

Download (112kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan peserta didik untuk menyelesaikan masalah matematika menggunakan tahap pemecahan masalah menurut (Polya 1973), solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah fase penyelesaian, yakni: (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3) melaksanakan rencana, dan (4) memeriksa kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tahapan polya ditinjau dari gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al-amien Kediri. Kemudian dipilih 4 siswa yang mewakili setiap gender untuk menjadi partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki. Siswa perempuan lebih baik dalam memahami masalah dari soal cerita yang diberikan kedalam unsur-unsur yang diketahui dan ditanya. Sedangkan siswa laki-laki keterampilan matematika dan mekanik mereka lebih baik daripada perempuan. Namun, pada kenyataanya siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki sehingga dalam menyelesaikan soal matematika siswa perempuan lebih baik dalam menentukan rumus apa saja yang dibutuhkan dalam menyelesaikan soal cerita yang diberikan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Depositing User: ARUM MAGHFIROH
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:48
Last Modified: 15 Dec 2023 07:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item