Khosiah, Ainun (2017) Efektivitas Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
Lampiran Depan.pdf Download (976kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (233kB) |
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran membaca al-Qur’an bisa dimulai dari anak usia dini agar jiwa kereligiusan pada diri sang anak. Untuk mempermudah anak dalam melatih membaca al-Qur’an terdapat berbagai macam metode salah satunya yaitu metode Ummi. Metode Ummi suatu metode membaca, menulis dan menghafal juz “Amma dengan cara membaca cepat menggunakan lagu rost, serta metode yang efektif dan efesien untuk diterapkan, metode Ummi juga metode yang diterapkan di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Penelitian ini adalah bermaksud untuk mengetahui Efektifitas Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri dengan fokus penelitianya adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri, 2) Bagaimana efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Pendekataan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa SD Plus Rahmat sesuai dengan kurikulum yang terdapat dalam pedoman Metode Ummi, dan terdapat program drill tambahan dengan tujuan siswa tuntas dalam mengejar materi yang diajarkan serta cepat langsung al-Qur’an. Dalam hal evaluasi Ummi terdapat 3 tahap yaitu ujian dari dalam lembaga, pra munaqosyah oleh Ummi Daerah, dan terakhir Munaqosyah oleh penguji dari Ummi Daerah, 2) Metode Ummi sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca alQur’an, hal ini didasarkan pada indikator-indikator yang telah ditetapkan dan dapat dibuktikan dengan siswa SD Plus Rahmat Banjaran Kediri dalam kurun waktu ± 3 tahun tidak hanya mampu membaca al-Qur’an secara baik dan benar (Mujawwad-Murattal), tetapi juga mampu meluluskan siswa-siswi yang sudah khatam baik dari jilid, al-Qur’an, hafal juz Amma, kelas gharib dan tajwid serta telah berhasil mengikuti munaqosyah dengan hasil yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 31 Dec 2018 02:54 |
Last Modified: | 31 Dec 2018 02:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/112 |
Actions (login required)
View Item |