Peran Peer Teaching Method (Pembelajaran Tutor Sebaya) Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Di SDN TEMPUREJO 1

Arinda, Silvia Ayu (2023) Peran Peer Teaching Method (Pembelajaran Tutor Sebaya) Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Di SDN TEMPUREJO 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123319_prabab.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932123319_Bab 1.pdf

Download (553kB)
[img] Text
932123319_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
932123391_Bab 3.pdf

Download (525kB)
[img] Text
932123319_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
932123319_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
932123319_Bab 6.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932123319_Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932123319_ Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (68kB)

Abstract

HALAMAN ABSTRAK SILVIA AYU ARINDA, Dosen pembimbing UMMIY FAUZIYAH LAILI, M.Si., NILA ZAIMATUS SEPTIANA, M.Pd. Pengaruh peer teaching (pembelajaran tutor sebaya) dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas 5 di SD Negeri Tempurejo 1. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri,2023. Kata kunci: Peer teaching method (pembelajaran tutor sebaya), interaksi teman sebaya, dan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian dan pengembangan ini di latar belakangi oleh metode pembelajaran yang semakin banyak modelnya dan hubungan interaksi siswa. sehingga mendorong penulis untuk mengembangkan model pembelajaran peer teachig method (pembelajaran teman sebaya) dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI SDN Tempurejo 1. Untuk menghasilkan model pembelajaran yang menarik, penulis melakukan Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Peneliti memilih teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket karena sesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangam dimana penelitian dilakukan evaluasi di setiap tahap selanjutnya. Kemudian pada teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peer teaching method (pembelajaran teman sebaya) dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PAI kelas 5 SDN Tempurejo 1. Tidak adanya pengaruh yang signifikan antara peer teaching method (pembelajaran teman sebaya) dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar pada pelajaran PAI kelas 5 di SDN Tempurejo 1 dengan nilai signifikan p sebesar 0,770. Bagi peneliti selanjutnya dapat menjadi rujukan sumber informasi, dan dapat dikembangkan dalam materi-materi yang lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SILVIA AYU ARINDA
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:06
Last Modified: 04 Dec 2023 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item