PEMBINAAN HAFALAN AL-QUR’AN DAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PELENGKAP KENAIKAN KELAS DI MADRASAH ALIYAH RAUDLATUT THALABAH

MISKIYAH, KHIKMAH ZAKIYATUL (2023) PEMBINAAN HAFALAN AL-QUR’AN DAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PELENGKAP KENAIKAN KELAS DI MADRASAH ALIYAH RAUDLATUT THALABAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932100719_PRABAB.pdf

Download (920kB)
[img] Text
932100719_BAB I.pdf

Download (684kB)
[img] Text
932100719_BAB II.pdf

Download (804kB)
[img] Text
932100719_BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
932100719_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932100719_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
932100719_BAB VI.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932100719_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembinaan hafalan Al-Qur’an sebagai pelengkap kenaikan kelas di Madrasah Aliyah Raudlatut Thalabah, dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Madrasah menyiapkan buku pembinaan berisi materi yang harus dihafal oleh siswa, yaitu surah Yasin, tahlil, dan surah Al-Waqi'ah. Pembinaan dilaksanakan dalam 2 semester, setiap pagi selama 30 menit sebelum proses pembelajaran dimulai. Pembinaan menggunakan metode pembiasaan dan sima’i yang dilakukan di kelas masing-masing didampingi oleh guru mata pelajaran pertama dan dibina oleh Kepala Madrasah. Evaluasi pembinaan dilakukan pada akhir semester dan disempurnakan saat kenaikan kelas, setiap jenjang harus menghafal surah yang berbeda yaitu: surah Yasin untuk kelas 10, tahlil untuk kelas 11, dan surah Al-Waqi’ah untuk kelas 12. Evaluasi pengujian mencakup kelancaran menghafal, tajwid, dan kefasihan (fashahah). (2). Proses pembelajaran kitab kuning sebagai pelengkap kenaikan kelas ini dilaksanakan dengan 3 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Madrasah menggunakan kitab tafsir jalalain dalam pembelajaran ini. Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 semester, setiap jum’at pagi selama 1 jam. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode bandongan dan mencakup empat kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan evaluasi, dan kegiatan penutup. Para pengajar berasal dari kalangan madrasah yang merupakan alumni pondok pesantren dan menguasai materi yang akan diajarkan. Evaluasi dilakukan pada akhir semester genap sebagai syarat kenaikan kelas dengan mengacu pada kriteria khot dan ma'no.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khikmah Zakiyatul Miskiyah
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:57
Last Modified: 22 Dec 2023 02:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item