Strategi Pemasaran Coffee Shop Menggunakan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Pendapatan Pasca Covid-19 (Studi Kasus Pada Loji Cafe Kelurahan Mojoroto Kota Kediri)

Yasin, Mochammad Ilham Ali (2023) Strategi Pemasaran Coffee Shop Menggunakan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Pendapatan Pasca Covid-19 (Studi Kasus Pada Loji Cafe Kelurahan Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307218_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931307218_BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
931307218_BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
931307218_BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
931307218_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
931307218_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
931307218_BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
931307218_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931307218_scan surat pernyataan Publikasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata “Strategi” berasal dari bahasa Yunani yaitu “Strategos” Yang terdiri dari dua suku kata yaitu “Stratos” yang mempunyai arti Militer dan “Ag” yang berati pemimpin. Strategi adalah keputusan atau program yang dibuat oleh bisnis atau perusahaan dari waktu ke waktu untuk mencapai tujuannya, menentukan aktivitas dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang direncanakan. Strategi usaha adalah satu kesatuan rencana perusahaan yang komprehensif dan terpadu yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan melakukan observasi di Loji Cafe, selanjutnya dengan wawancara kepada Bapak Yayan selaku supervisior, para staf Loji Cafe, dan kemudian diperkuat dengan dokumentasidokumentasi kegiatan. Dari hasil penelitian ini strategi yang disusun menggunakan analisis SWOT pada Loji Cafe terbukti efektif dalam meningkatkan pendapatan. Dengan menggunakan analisis SWOT Loji Cafe mampu menganalisa Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS) dan Eksternal Strategic Factors Analysis Summary (EFAS). Dari hasil pengelompokan IFAS dan EFAS Loji Cafe kemudian mencari strategi dengan menngunakan matriks SWOT. Dari hasil matriks SWOT diperoleh strategi yang tepat untuk Loji Cafe adalah strategi strenght-opportunities (SO). Strategi SO meliputi: (1) Mempromosikan ruang VIP dan event organizer di media sosial Loji Cafe. Dengan jumlah pengkut yang lebih dari 5000 Loji Cafe lebih mudah mempromosikan usahanya. Loji Cafe memanfaatkan Facebook, instagram, dan whatsapp untuk mempromosikan usaha dan mempermudah komunikasi dengan konsumen. (2) Meningkatkan kualitas produk di Loji Cafe dengan melakukan diversifikasi dan sistem bundling pada menunya. Dengan melakukan diversifikasi menu Loji Cafe memliki kesempatan untuk menarik konsumennya untuk mencoba mencicipi menu baru tersebut. Selain itu Loji Cafe juga membuat sistem bundling untuk memberikan kemudahan konsumen untuk memesan makanan dengan sistim paket. (3) Lokasi Loji Cafe yang luas dan strategis cocok dengan lifestyle atau gaya hidup masyarakat perkotaan yang sering mehabiskan waktu luangnya untuk bersantai. Dengan lifestyle atau gaya hidup masyarakat memberikan peluang kepada Loji Cafe sebagai tempat rekomendasi untuk dikunjungi. (4) Meningkatkan kualitas pelayanan dengangan menerapkan 3S (senyum, sapa, salam) dan meningkatkan fasilitas pada Loji Cafe dengan menambahkan photo both.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mochammad Ilham Ali Yasin
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:52
Last Modified: 28 Nov 2023 02:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item