Erviyanti, Yuyun (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Sendangduwur Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Pada Desa Sendangduwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933506119_prabab.pdf Download (683kB) |
|
Text
933506119_bab1.pdf Download (241kB) |
|
Text
933506119_bab2.pdf Download (178kB) |
|
Text
933506119_Bab3.pdf Download (154kB) |
|
Text
933506119_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933506119_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
|
Text
933506119_Bab6.pdf Download (79kB) |
|
Text
933506119_daftarpustaka.pdf Download (206kB) |
Abstract
Desa Wisata Sendang Duwur merupakan salah satu destinasi pariwisata religi yang dimiliki Kabupaten Lamongan. Pasca badai pandemi menjadikan jumlah kunjungan sektor pariwisata mengalami kondisi fluktuatif, strategi komunikasi pemasaran terpadu menjadi pilihan tepat dalam mengomunikasikan keberadaan pariwisata Sendang Duwur sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan serta langkah pokdarwis setempat dalam memperluas jangkauan promosi pariwisata di tengah tingginya persaingan antar pengelola dalam menarik minat kunjungan wisatawan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dijalankan Desa Wisata Sendang Duwur serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer yang digunakan terdiri dari 6 informan diantaranya Kepala Desa Sendang Duwur, sekretaris desa, ketua pokdarwis dan beberapa pengunjung. Adapun data sekundernya berasal dari dokumen dan arsip desa.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dengan analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Sendang Duwur menggunakan bauran pemasaran komunikasi terpadu seperti yang telah dipaparkan peneliti, yakni : (1) Pokdarwis melakukan promosi wisata menggunakan lima promotion mix (periklanan, personal selling, sales promotion, public relation, dan direct marketing) Periklanan dilakukan dengan berbagai media mulai dari media sosial, media televisi, media online dan media outdoor, personal selling dilakukan melalui pelaku UMKM batik, sales promotion dengan memberikan doorprize, kupon gratis dan mengadakan kontes foto, public relation dengan menggandeng masyarakat, instansi pemerintah serta pendidikan dan media, direct marketing dengan mengirimkan proposal kegiatan serta mengikuti pelatihan. (2) Faktor pendukung yang dimiliki terjaganya tradisi budaya yang dimiliki serta memiliki hubungan yang baik dengan para stakeholder, sedangkan faktor penghambatnya dikarenakan adanya pandemi covid19 serta keterbatasan SDM
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Yuyun Erviyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 07:44 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 07:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10888 |
Actions (login required)
View Item |