Keefektifan Penggunaan Metode Socrates Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Sunan Ampel

Febriani, Ariski Putri (2023) Keefektifan Penggunaan Metode Socrates Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Sunan Ampel. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932306918_prabab.pdf

Download (477kB)
[img] Text
932306918_bab1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
932306918_bab2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932306918-bab3.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932306918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
932306918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
932306918_bab6.pdf

Download (95kB)
[img] Text
932306918_daftarpustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932306918_sp.pdf

Download (137kB)

Abstract

Kajian ini merupakan kajian tentang kajian eksperimen dengan pendekaa kuantitatif dimana bertujuan untuk mengetahui keefektfan penggunaan metde Socrates terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Sunan Ampel. Latar belakang peneliti ingin meneliti permasalahan ini dikarenakan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Sunan Ampel pada pelajaran matematika masih rendah dan masih di bawah KKM. Hal tersebut menjadikan minat peneliti ini meneliti permasalahan tersebut. setelah diteliti ternyata permasalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya ialah minat belajar, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, strategi pembelajaran dan masih banyak lagi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII, desain penelitian ini adalah The one Group pretest posttest design. Teknk dalam penelitian ini menggunakan tes yang sudah di validasi oleh validator yang terdiri dari dua dosen ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode Socrates sebesar 37,17% berada pada kategori kurang dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,117. Setelah hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Socrates menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 73,83% dengan kategori baik dan standar deviasi 12,435. Dari hasil analisis statistik diperoleh nilai sig (2-tailed) < a (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya metode Socrates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah diterapkannya metode Socrates, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Socrates di MTs Sunan Ampel efektif digunakan dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010207 Theoretical and Applied Mechanics (Mekanika Teoritis dan Terapan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ariski putri febriani
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:17
Last Modified: 17 Nov 2023 06:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item View Item