Pengaruh Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Berinvestasi Saham di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri

Pamungkas, Ganda Yulida Trisakti (2019) Pengaruh Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Berinvestasi Saham di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
PRA BAB dengan TTD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk atau jasa. Sedangkan keputusan berinvestasi adalah suatu hasil dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu tindakan di antara beberapa pilihan alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan konsumen mengenai Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri, keputusan berinvestasi saham di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri, dan pengaruh pengetahuan konsumen terhadap keputusan berinvestasi saham di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif atau hubungan, dengan bentuk hubungan kasualitas. Populasi target dalam penelitian ini adalah investor yang membuka akun RDI di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri pada tahun 2018. Sedangkan untuk populasi terjangkaunya adalah investor yang membuka akun RDI pada SPM (Sekolah Pasar Modal) tahun 2018 di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri yaitu sebanyak 150 investor. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Berdasarkan tabel ukuran sampel dari Isaac dan Michael dapat diketahui bahwa dari jumlah populasi sebanyak 150 investor dengan tingkat kesalahan 5% diperoleh sampel sebanyak 105 investor. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ketahui bahwa pengetahuan konsumen mengenai Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri termasuk kategori sangat mengetahui. Hasil ini sesuai dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 37,02 terletak di antara nilai 36 – 45. Sedangkan keputusan berinvestasi saham di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNISKA Kediri termasuk kategori sangat setuju. Hasil ini sesuai dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 37,37 terletak di antara nilai 36 – 45. Uji t memiliki nilai thitung (14,633) ≥ ttabel (1,98326), maka berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel pengetahuan konsumen terhadap variabel keputusan berinvestasi. Serta nilai R square sebesar 0,675 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel pengetahuan konsumen terhadap variabel keputusan berinvestasi sebesar 67,5%. Sedangkan sisanya sebesar 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini yaitu: budaya; kelas sosial; pengaruh pribadi; keluarga; situasi; sumber daya konsumen; keterlibatan; sikap; kepribadian, gaya hidup dan demografi; pengolahan informasi; pembelajaran; dan perubahan sikap atau perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:48
Last Modified: 16 Nov 2023 06:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10837

Actions (login required)

View Item View Item