Aini, Elfatika Rizky Nur (2023) Pengembangan Media Maze Alur Untuk Meningkatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932608519_prabab.pdf Download (883kB) |
|
Text
932608519_bab1.pdf Download (572kB) |
|
Text
932608519_bab2.pdf Download (349kB) |
|
Text
932608519_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
Text
932608519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932608519_bab5.pdf Download (265kB) |
|
Text
932608519_daftarpustaka.pdf Download (394kB) |
Abstract
ABSTRAK ELFATIKA RIZKY NUR AINI, Dosen Pembimbing Ummiy Fauziyah Laili, M.Si. dan Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I, M.Pd., Pengembangan Media Maze Alur Untuk Meningkatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Pengembangan, Media Maze Alur, Numerasi Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya memahami suatu pernyataan, mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan produk media Maze Alur dalam meningkatkan numerasi peserta didik pada mata pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri. 2) Besar efektivitas media Maze Alur untuk meningkatkan numerasi peserta didik pada mata pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) dengan mangacu pada model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Penerapan (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media Maze Alur. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas 1 SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri berjumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media Maze Alur melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap pengembangan dilakukan validasi produk oleh para ahli yaitu ahli design diperoleh presentaase 100% dan 98,33% dikategorikan “sangat layak”, hasil validasi media (dosen) diperoleh presentase 83,52% dikategorikan “layak”, hasil validasi media (pendidik) diperoleh presentase 82,35% dikategorikan “layak”, hasil validasi materi (dosen) diperoleh presentase 96% dikategorikan “sangat layak”, hasil validasi materi (pendidik) diperoleh presentase 100% dikategorikan “sangat layak”, dan hasil validasi soal pretest posttest (dosen) diperoleh skor 96% dikategorikan “sangat layak”. Oleh karena itu media Maze Alur layak digunakan. (2) Besar efektivitas pengembangan media Maze Alur melalui hasil perhitungan diperoleh rata-rata 0,466, dimana 0,466 ≥ 0,3 dinyatakan pada kategori “sedang” dan perhitungan nilai pretest dan posttest, peserta didik pada tahap pretest nilai rata-rata yaitu 76% dan pada tahap posttest nilai rata-rata mengalami kenaikan sebanyak 28 peserta didik dengn nilai rata-rata 86%. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Maze Alur yang telah dikembangkan layak untuk dijadikan media pendukung dalam meningkatkan numerasi matematika kelas 1 di SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Elfatika Rizky Nur Aini |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 02:05 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 02:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10743 |
Actions (login required)
View Item |