Wulandari, Selviana (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Aplikasi Kelas Jodoh Melalui Akun Media Sosial Instagram @Kelasjodohsfk Dalam Menjaring Member. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933503716_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933503716_bab1.pdf Download (237kB) |
|
Text
933503716_bab2.pdf Download (391kB) |
|
Text
933503716_bab3.pdf Download (218kB) |
|
Text
933503716_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933503716_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
Text
933503716_bab6.pdf Download (105kB) |
|
Text
933503716_daftarpustaka.pdf Download (335kB) |
Abstract
Kelas jodoh adalah platform e-learning pranikah berbasis mobile apps yang berisi ilmu pranikah (eBook, video, tugas), tes kepribadian, diskusi, navigasi jodoh yang memudahkan sesama member untuk taaruf. Kelas jodoh mempromosikan produk jasanya di media sosial Instagram dengan menggunakan akun @kelasjodohsfk karena tingginya angka pengguna yang menjadi suatu keunggulan untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi pemasaran aplikasi kelas jodoh melalui akun media sosial Instagram @kelasjodohsfk dalam menjaring member. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran dari aplikasi kelas jodoh melalui akun media sosial Instagram @kelasjodohsfk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teori bauran pemasaran 7P, yaitu: product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) product @kelasjodohsfk menekankan pemenuhan produk jasa melalui keunikan keamanan produk e- learning di kelas jodoh; (2) price @kelasjodohsfk menawarkan harga yang beragam; (3) place Instagram memiliki fitur yang menarik dan memiliki jangkauan audiens yang luas; (4) promotion @kelasjodohsfk menerapakan push promotional strategy dan full promotion strategy di feed Instagram (reels, foto, carousel), iklan Instagram stories, Instagram live melalui voucher untuk mendapatkan potongan harga, diskon, give away;, (5) people target market @kelasjodohsfk dibagi menjadi empat segmentasi, yaitu: demographic segmentation, psychographic segmentation, behavioral segmentation, geographic segmentation; (6) process menggunakan klinner content yang mengikuti tren konten sedang hits pada masanya; (7) physical evidence word of mouth (WOM) dengan mempromosikan, merekomendasikan, membicarakan produk jasa (pembuatan testimoni dari konsumen, konsumen melakukan review dalam bentuk pernyataan tertulis atau video singkat tentang kepuasan konsumen terhadap produk jasa @kelasjodohsfk).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Selviana Wulandari |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 07:10 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 07:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10641 |
Actions (login required)
View Item |