تطوير وسيلة التعليم على أساس أنيماكر لمهارة الإستماع لدى الطلاب فى الفصل الثامن بالمدرسة الثانوية الحكومية ٢ عانجوك

Khotimah, Fitri Khusnul (2023) تطوير وسيلة التعليم على أساس أنيماكر لمهارة الإستماع لدى الطلاب فى الفصل الثامن بالمدرسة الثانوية الحكومية ٢ عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932511919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511919_bab1.pdf

Download (858kB)
[img] Text
932511919_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511919_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932511919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932511919_bab5.pdf

Download (552kB)
[img] Text
932511919_lembar_persetujuan_publikasi.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932511919_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Khusnul Khotimah. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Terhadap Maharoh Istima’ Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk Tahun 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institus Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing skripsi (1) M. Syamsul Ma’arif, M.Pd dan (2) Khoiru Nidak, M.Pd. Rendahnya minat terhadap keterampilan menyimak, menyebabkan pembelajaran bahasa Arab kurang efektif. Hal ini di pengaruhi oleh kurangnya kemampuan dalam menerima informasi yang diperoleh, sehingga kosakata yang didapat sedikit, bahasa yang diperoleh tidak maksimal, serta penggunaan media pembelajaran yang tidak menarik dan bervariatif membuat peserta didik menjadi jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran terhadap maharoh Istima’. (2) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis animaker pada keterampilan menyimak (3) Mengetahui efektivitas penggunaan produk media pembelajaran berbasis animakar dalam keterampilan menyimak di kelas VIII MTsN 2 Nganjuk. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahap pengembangan, yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Hasil validasi dari ahli materi, ahli media, ahli bidang pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 93,96 %. Sedangkan Respon peserta didik terhadap video animasi berbasis animaker memperoleh skor 408. Jumlah skor dengan persentase 100% dengan kriteria “Sangat Setuju“. Hal ini di perkuat dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho di tolak, artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar Pre-test dan Post-test menggunakan produk yang dikembangkan. Direkomendasikan produk ini dapat dimanfaatkan untuk siswa maupun guru dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fitri Khusnul Khotimah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:43
Last Modified: 27 Oct 2023 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item