Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar di MTs Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri

Afifah, Alif (2023) Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar di MTs Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301018_bab1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
932301018_bab2.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932301018_bab3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932301018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
932301018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
932301018_bab6.pdf

Download (34kB)
[img] Text
932301018_daftarpustaka.pdf

Download (405kB)
[img] Text
932301018_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
932301018_persetujuan.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK ALIF AFIFAH, 2022. Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar di MTs Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri, Dosen Pembimbing : Muhammad Khoiril Akhyar, M.Pd. dan Erni Septianawati, S.Pd, M.Sc. Kata Kunci : Analisis Kesulitan, Soal Cerita, Gaya Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VIII MTs Hasan Muchyi berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi SPLDV dan siswa di kelas VIII MTs Hasan Muchyi juga memiliki gaya belajar yang bervariasi. Dari masalah tersebut peneliti tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut atau menganalisis kesulitan yang dialami siswa kelas VIII MTs Hasan Muchyi ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa kelas VIII Hasan Muchyi dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di MTs Hasan Muchyi Pagu Kediri. Sumber data ini diperoleh dari siswa kelas VIII A MTs Hasan Muchyi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami jenis kesulitan prinsip dan verbal. Kesulitan yang dialami yaitu belum bisa menyelesaikan soal menggunakan metode yang ada di SPLDV seperti substitusi dan belum bisa mengubah kalimat soal ke bentuk atau model matematika serta belum bisa membedakan atau menyebutkan unsur-unsur SPLDV seperti variabel, koefisien, dan konstanta. Siswa dengan gaya belajar auditorial mengalami jenis kesulitan prinsip, kesulitan yang dialami yaitu kurang teliti dalam menyelesaikan perhitungan hasil akhir yang diinginkan oleh soal. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami jenis kesulitan prinsip dan verbal. Kesulitan yang dialami yaitu belum bisa menyelesaikan soal menggunakan metode yang ada di SPLDV seperti substitusi dan kurang teliti dalam menyelesaikan hasil akhir yang diinginkan oleh soal serta belum bisa mengubah kalimat soal menjadi bentuk atau model matematika dan belum bisa membedakan unsur-unsur SPLDV seperti variabel, koefisien, dan konstanta.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ALIF AFIFAH
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:52
Last Modified: 11 Oct 2023 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item