Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika SDN Cerme 1 Nganjuk

ARISTI, VANIA (2023) Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika SDN Cerme 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
932612419_prabab.pdf

Download (896kB)
[img] Text
932612419_bab1.pdf

Download (587kB)
[img] Text
932612419_bab2.pdf

Download (469kB)
[img] Text
932612419_bab3.pdf

Download (460kB)
[img] Text
932612419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
932612419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
932612419_bab6.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932612419_daftarpustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932612419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika SDN Cerme 1 Nganjuk" yang ditulis oleh Vania Aristi. NIM. 932612419. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil survey dari beberapa penelitian, kemampuan literasi numerasi adalah salah satu pembelajaran yang masih ditakuti bagi sebagian besar siswa dibandingkan yang lainnya. Peristiwa ini juga dirasakan oleh siswa kelas V di SDN Cerme 1 Nganjuk, mereka memiliki rasa ketidakyakinan dengan keputusannya. Kemampuan literasi numerasi pada siswa kelas V masih belum efektif sehingga kemampuan literasi numerasi pada siswa masih tergolong kurang atau rendah dalam arti masih ada siswa yang belum menguasai kemampuan tersebut, hal ini disebabkan karena terlalu lamanya pembelajaran daring (0nline) pada saat covid-19 yang berdampak juga pada kemampuan berpikir kritis pada siswa. Sedangkan kemampuan berpikir kritis sama halnya dengan kemampuan literasi yang dimiliki siswa kelas V yaitu terdapat siswa yang masih bingung dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN Cerme 1, 2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Cerme 1, 3) hubungan antara kemampuan literasi numerasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Cerme 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu korelasi. Sampel dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN Cerme 1 dengan jumlah 30 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik non probability sampling dengan sampel jenuh, dengan arti seluruh populasi di kelas V digunakan sebagai sampel yaitu 30 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes 10 soal pilihan ganda untuk kemampuan literasi numerasi dan 10 soal pilihan ganda untuk kemampuan berpikir kritis. Tes kemampuan literasi numerasi disusun berdasarkan indikator OECD PISA dan tes kemampuan berpikir kritis disusun berdasarkan indikator Robert Hugh Ennis. Sebelum tes dibagikan kepada seluruh siswa, tes tersebut diuji validitas atau kelayakan kepada dua validator materi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan di SDN Cerme 1 yaitu (1) Kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN Cerme 1 tergolong rendah dengan nilai rata-rata 5,07, (2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Cerme 1 tergolong rendah dengan nilai rata-rata 5,53 (3) Terdapat hubungan yang signifikansi antara kemampuan literasi numerasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Cerme 1 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai r hitung sebesar 0,569. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat diketahui memiliki hubungan yang positif antara kemampuan literasi numerasi dengan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V di SDN Cerme 1.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vania Aristi
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:51
Last Modified: 10 Oct 2023 08:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item View Item