Strategi Pemasaran Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri Dalam Meningkatkan Perolehan Donasi Penghimpunan

Izzati, Safna Zuyyin (2019) Strategi Pemasaran Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri Dalam Meningkatkan Perolehan Donasi Penghimpunan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931329214 prabab.pdf

Download (187kB)
[img] Text
931329214 BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
931329214 BAB II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
931329214 BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
931329214 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
931329214 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
931329214 BAB VI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
931329214 Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana pemasaran merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan tersebut. Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri merupakan salah satu cabang Kotak Amal Indonesia yang kini terus berkembang dengan menggunakan strategi pemasaran dalam upaya mencapai tujuannya, yaitu meningkatkan perolehan donasi penghimpunan di setiap tahunnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, melalui tiga tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam pengamatan. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri merupakan salah satu cabang Kotak Amal Indonesia yang kini terus berkembang terkait meningkatnya perolehan donasi penghimpunan. Upaya Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri dalam meningkatkan perolehan donasi penghimpunan tersebut karena adanya berbagai konsep strategi pemasaran yang khas, unik serta menarik. Konsep dasar yang digunakan adalah untuk memenangkan sebuah pikiran (mind-share), hati (heart-share) dan uang amal (market-share) para donatur. Konsep strategi pemasaran yang dirancang oleh Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri antara lain merancang berbagai program/produk dengan mengembangkan program pusat menjadi program lokal yang khas, unik dan menarik, melakukan transparansi pelaporan, melakukan suatu promosi-promosi serta adanya Aksi Relawan Ramadhan. Dari hal tersebut, peneliti menganggap bahwa penerapan konsep strategi pemasaran yang digagas oleh Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri mampu memberikan ruang tambahan terhadap para donatur dan calon donatur untuk memborong amal. Selain itu, dapat menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk beramal. Donatur merupakan inti dari peningkatan perolehan donasi penghimpunan di Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri. Menurut para donatur, besarnya donasi yang diberikan untuk Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri dikarenakan adanya suatu ketertarikan dari masing-masing donatur terhadap startegi pemasaran yang diterapkan oleh Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri tersebut. Seperti halnya menganggap bahwa berdonasi adalah konteks berlomba-lomba dalam hal kebaikan, ketertarikan terhadap postingan-postingan di media sosial, serta adanya penjelasan terkait transparansi penyaluran donasi. Dari hal tersebut, Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya, yakni meningkatkan perolehan donasi penghimpunan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:16
Last Modified: 10 Oct 2023 06:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item