Pengembangan Media Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI Di SD Muhammadiyah 1 Padas

Pratiwi, Syal sabbilla (2023) Pengembangan Media Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI Di SD Muhammadiyah 1 Padas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605219_prabab.pdf

Download (931kB)
[img] Text
932605219_bab1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932605219_bab2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932605219_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
932605219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932605219_bab5.pdf

Download (332kB)
[img] Text
932605219_daftarpustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932605219_Surat pernyataan persetujuan publikasi_syal sabbilla.pdf

Download (182kB)

Abstract

Syal Sabbilla Pratiwi, 2023. Pengembangan Media Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI Di SD Muhammadiyah 1 Padas, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M. Pd, dan (2) Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Tebal : Pengembangan, Pop up book, Pemahaman Media pembelajaran pop up book adalah buku yang berisi bagian-bagian yang bergerak atau elemen tiga dimensi, dimulai dengan menampilkan gambar- gambar yang bergerak ketika halaman dibuka untuk memberikan visualisasi cerita yang lebih menarik, dan dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Analisis masalah yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa penggunaan media masih jarang diterapkan sehingga mengakibatkan siswa cepat bosan hingga akhirnya mengakibatkan minimnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan mengembangkan pop up book untuk meningkatkan pemahaman siswa dan mengidentifikasi kelayakan pop up book yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jenis metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang diadaptasi menjadi 5 langkah yaitu : (1) Tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) tahap evaluasi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu Dokumentasi, angket, dan tes. Uraian hasil dari pengembangan pop up book ini produk pengembangan dimulai dengan tahapan analisis berupa analisis kebutuhan, materi dan karakteristik peserta didik. Kemudian mendesain media sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dikembangkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang melibatkan para ahli validasi sehingga menghasilkan media pembelajaran yang dapat diuji cobakan kepada peserta didik. Adapun hasil analisis data kelayakan menunjukkan bahwa pop up book layak digunakan dengan presentase kelayakan oleh ahli media sebesar 50% pada revisi 1, 73,3% pada revisi 2, dan yang terakhir 93,3% pada revisi 3, kelayakan oleh ahli materi sebesar 91,7%, dan kelayakan ahli pretest posttest sebesar 80%. Peningkatan pemahaman menggunakan media pop up book dilihat dari analisis data pretest posttest dengan membandingkan nilai rata-rata yang diperoleh. Data nilai pretest sebelum pembelajaran menggunakan pop up book menunjukkan hasil rata-rata 70. Sedangkan, nilai posttest setelah pembelajaran menggunakan pop up book menunjukkan hasil rata-rata 83,28.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syal Sabbilla Pratiwi
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:49
Last Modified: 06 Oct 2023 02:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item