Hubungan Antara Kepekaan Bilangan Dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III MI Nasyiatul Mubtadiin

Choirunisa, Choirunisa (2023) Hubungan Antara Kepekaan Bilangan Dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III MI Nasyiatul Mubtadiin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601319_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932601319_Bab1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932601319_Bab2.pdf

Download (138kB)
[img] Text
932601319_Bab3.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932601319_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
932601319_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
932601319_Bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932601319_Daftar_Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932601319_SuratPernyataan.pdf

Download (528kB)

Abstract

Kepekaan bilangan dan pemahaman konsep matematika merupakan komponen yang penting untuk dipelajari dalam pembelajaran matematika. Sebab keduanya merupakan kemampuan yang menunjang keberhasilan pembelajaran matematika untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata yang membutuhkan matematika. Faktanya di sekolah-sekolah dasar guru hanya berfokus pada penguasaan konsep matematika yang menggunakan algoritma baku tanpa memperhatikan pengembangan kepekaan bilangan siswa. Tujuan peneltian ini yaitu mengetahui kepekaan bilangan dan pemahaman konsep matematika siswa beserta hubungan antara keduanya pada siswa kelas III MI Nasyiatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 63% siswa memiliki tingkat kepekaan bilangan yang tergolong rendah yakni pada taraf emerging dan 67% siswa memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah, serta nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepekaan bilangan dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas III MI Nasyiatul Mubtadiin.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Choirunisa Choirunisa
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:12
Last Modified: 06 Oct 2023 07:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item