Choirunisa, Choirunisa (2023) Hubungan Antara Kepekaan Bilangan Dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III MI Nasyiatul Mubtadiin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932601319_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932601319_Bab1.pdf Download (197kB) |
|
Text
932601319_Bab2.pdf Download (138kB) |
|
Text
932601319_Bab3.pdf Download (211kB) |
|
Text
932601319_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text
932601319_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
Text
932601319_Bab6.pdf Download (10kB) |
|
Text
932601319_Daftar_Pustaka.pdf Download (145kB) |
|
Text
932601319_SuratPernyataan.pdf Download (528kB) |
Abstract
Kepekaan bilangan dan pemahaman konsep matematika merupakan komponen yang penting untuk dipelajari dalam pembelajaran matematika. Sebab keduanya merupakan kemampuan yang menunjang keberhasilan pembelajaran matematika untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata yang membutuhkan matematika. Faktanya di sekolah-sekolah dasar guru hanya berfokus pada penguasaan konsep matematika yang menggunakan algoritma baku tanpa memperhatikan pengembangan kepekaan bilangan siswa. Tujuan peneltian ini yaitu mengetahui kepekaan bilangan dan pemahaman konsep matematika siswa beserta hubungan antara keduanya pada siswa kelas III MI Nasyiatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 63% siswa memiliki tingkat kepekaan bilangan yang tergolong rendah yakni pada taraf emerging dan 67% siswa memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah, serta nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepekaan bilangan dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas III MI Nasyiatul Mubtadiin.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Choirunisa Choirunisa |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 07:12 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 07:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10292 |
Actions (login required)
View Item |