Model Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Citra Positif (Studi Kasus Di SMP Islam Al Fath Pare)

Sari, Niken diyah kurnia (2023) Model Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Citra Positif (Studi Kasus Di SMP Islam Al Fath Pare). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932403019_PRABAB.pdf

Download (857kB)
[img] Text
932403019_BAB1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
932403019_BAB2.pdf

Download (360kB)
[img] Text
932403019_BAB3.pdf

Download (651kB)
[img] Text
932403019_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
932403019_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
932403019_BAB6...pdf

Download (1MB)
[img] Text
932403019_DAPUS.pdf

Download (300kB)
[img] Text
932403019_Lembar publikasi niken diyah.pdf

Download (323kB)

Abstract

ABSTRAK NIKEN DIYAH KURNIA SARI. Dosen Pembimbing MOH. ZAINAL FANANI, M.Pd.I dan PUSPOKO PONCO RATNO, M.T, Model Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Citra Positif (Studi Kasus Di Smp Islam Al Fath Pare). Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Model Pemasaran, Citra Positif Manajemen pemasaran di bidang pendidikan sangat penting dilakukan guna untuk meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat atau calon peserta didik pada produk lembaga pendidikan. Di dalam pendidikan itu sendiri antara lain memberikan informasi kepada masyarakat tentang keunggulan yang ada pada produk lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pemasaran baruran 7P : 1) Product, 2). Price, 3). Place, 4). Promotion, 5). People, 6). Pshycal Evidence, 7). Process. Dengan ini akan bisa membangun citra positif pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari Kepala sekolah, Waka Kesiswaan, Tim PPDB. Analisis data yang diperoleh yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan peneliti dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model manajemen pemasaran dalam meningkatkan citra positif di SMP Islam Al-Fath Pare melakukan aktifitas pemasaran yang terdiri dari 7P yakni : 1) Product, yang ada di SMP Al-Fath Pare yaitu program unggulan sebagai berikut diantaranya metode ATM (Al-Fath Teaching Method) yang mencakup semuanya yaitu Bhs.Inggris, Matematika, Sains. Selain itu juga ada program BAQ (Baca Al.Qur’an), selain itu juga aada program klinik. 2) Price, penetapan biaya sekolah yang ada di SMP Islam Al-Fath Pare sudah ditentukan dengan kesepakatan bersama dan disetujui yayasan. Sesuai dengan yang diberikan yaitu fasilitas dan program unggulan. 3) Place, yang ada di SMP Islam Al-Fath Pare memiliki letak geografis yang terbilang strategis dan mudah di akses meski tidak berada di jalan raya utama yang dimana orang-orang lebih banyak lewat.4) Promotion, yang ada di SMP Islam Al-Fath Pare dengan melakukan kegiatan promosi periklanan meliputi menyebarkan brosur memasang spanduk diberbagai tempat, sosial media, serta berpresentasi di SD, dan menginformasikan melalui mulut ke mulut. 5) People, People dalam SMP Islam Al-Fath Pare yaitu kepala sekolah, guru, dan karyawan. 6) physical evidence, bukti fisik di SMP Islam Al-Fath Pare meliputi sarana prasarana atau tempat siswa untuk belajar. 7) proces, penyelenggaraan pendidikan di SMP Islam Al-Fath Pare menerapkan fullday school.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Niken Diyah Kurnia Sari
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:45
Last Modified: 04 Oct 2023 07:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item