Studi Komparasi Antara Metode Yanbu'a Di TPQ Darussalam Tunglur Badas Kediri Dan Metode Iqro' Di TPQ Kangzul Ulum Badas Kediri Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an

Nurrohmatin, Rozika Amalia (2023) Studi Komparasi Antara Metode Yanbu'a Di TPQ Darussalam Tunglur Badas Kediri Dan Metode Iqro' Di TPQ Kangzul Ulum Badas Kediri Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932114719_bab1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932114719_bab2.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932114719_bab3.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932114719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
932114719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932114719_bab6.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932114719_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932114719_Lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK ROZIKA AMALIA NURROHAMTIN. Dosen Pembimbing Dr UNTUNG KHOIRUDDIN M.Pd.I, dan Dr. H. MU’MIN FIRMANSYAH, M.HI. Studi Komparasi Antara Metode Yanbu’a di TPQ Darussalam Tunglur Badas Kediri dan Metode Iqro’ di TPQ Kangzul Ulum Badas Kediri Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Studi Komparasi, Metode Yanbu’a, Metode Iqro’ Penting bagi umat Islam untuk mempelajari Al-Qur'an, termasuk hukum tajwid, makhrojul huruf, dan waqof. Membaca Al-Qur'an tidak boleh sembarangan, perlu hati-hati dalam pengucapan dan pemahaman makhorijul huruf serta tajwid, karena hal ini mempengaruhi arti ayat Al-Qur'an. 1) Bagaimana implementasi Metode Yanbu’a di TPQ Darussalam Tunglur Badas Kediri dan Metode Iqro’ di TPQ Kangzul Ulum Badas Kediri dalam meningkatkan kemampuan baca tulis alQur’an?, 2) Bagaimana hasil implementasi Metode Yanbu’a di TPQ Darussalam Tunglur Badas Kediri dan Metode Iqro’ TPQ Kangzul Ulum Badas Kediri dalam meningkatkan kemampuan dalam baca tulis al-Qur’an?, 3) Bagaimana komparasi Metode Yanbu’a di TPQ Darussalam Tunglur Badas Kediri dan Iqro’ di TPQ Kangzul Ulum Badas Kediri dalam meningkat kemampuan baca tulis al-Qur’an? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pola fikir atau analisis komparatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis data kualitatif dianalisis melalui empat tahap yaitu: analisis komparatif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan, 1) implementasi Metode Yanbu’a di TPQ Darussalam Tunglur Badas Kediri menggunakan model pembelajaran sorogan dan klasikal sementara implementasi metode Iqro‘ di TPQ Kangzul Ulum Badas Kediri menggunakan model pembelajaran secara privat. 2) Hasil implementasi Metode Yanbu’a di TPQ Darussalam menunjukan kemajuan, siswa menjadi lancar membaca al-Qur’an dan mampu menulis huruf arab pegon, sedangkan hasil implementasi Metode Iqro’di TPQ Kangzul Ulum menunjukkan bahwa bacaan siswa menjadi lebih tertata dan lancar. Metode Yanbu’a dan Metode Iqro’ saling berkaitan dalam meningkatkan kemampuan dalam meningkatkan mempuan baca tulis al-Qur’an. 3) Persamaannya Metode Yanbu’a dan Metode Iqro’ yakni samasama mengenalkan huruf hijaiyah dan kaidah ilmu tajwid serta pendorongan pengulangan. Sedangkan perbedaan Metode Yanbu’a dan Iqro’ yakni terletak pada pendekatan, metode pembelajaran, bahan ajar dan fokus pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rozika Amalia Nurrohmatin
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:48
Last Modified: 03 Oct 2023 02:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10217

Actions (login required)

View Item View Item