Hakim, Abdul (2015) Penerapan Macromedia Flash Dalam Menyampaikan Materi Pembelajaran Maharah Qira’ah di MAN Nganju. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500111-PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932500111-BAB I.pdf Download (877kB) |
|
Text
932500111-BAB II.pdf Download (973kB) |
|
Text
932500111-BAB III.pdf Download (812kB) |
|
Text
932500111-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932500111-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) |
|
Text
932500111-BAB VI.pdf Download (640kB) |
|
Text
932500111-daftar pustaka.pdf Download (646kB) |
Abstract
Seperti yang telah kita ketahui, bahwasanya bahasa Arab mempunyai empat maharah dan salah satunya adalah maharah qira’ah. Maharah qira’ah itu termasuk kemampuan berbahasa yang sulit, maka seorang pengajar membutuhkan tehnik mengajar dan metode pengajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan qira’ah siswa pada pelajaran bahasa Arab, diantaranya macromedia flash. Macromedia Flash termasuk media pembelajaran yang dapat merangsang ide siswa dengan dihadirkannya materi-materi berbahasa arab yang diperolehya dari apa yang sudah mereka baca kedalam sebuah naskah bacaan. Dan media ini sesuai untuk pembelajaran qira’ah karena bisa membantu siswa untuk berpikir secara aktif. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana penerapan macromedia flash dalam pembelajaran maharah qira’ah di MAN Nganjuk. 2) Apakah dengan macromedia flash pengajaran maharah qira’ah dapat menjadi efektif. Penelitian ini dari jenis PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas X A di MAN Nganjuk. Tindakan ini membutuhkan dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Dalam pelaksanaannya menggunakan empat cara, diantaranya menyusun langkah-langkah dan pelaksanaan pembelajaran, observasi dan refleksi. Kesimpulan penelitian yaitu Penerapan macromedia flash mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas X A di MAN Nganjuk dalam maharah qira’ah. Bukti sebagaimana peneliti lihat dari observasi kepada siswa adalah bahwasanya Penerapan macromedia flash didalam belajar qira’ah sangat baik. Hal itu bisa dilihat dari peningkatan pemahaman siswa. Mereka menyukai cara belajar dengan media pengajaran macromedia flash agar tidak merasa bosan dan memunculkan semangat. Dengan adanya macromedia flash dapat memunculkan ide didalam qira’ah. Begitu juga sebagaimana kita tahu nilai rata-rata siswa pada siklus pertama 74,27 dengan ketuntasan siswa 61,11%. Dan pada siklus kedua nilai rata-rata siswa 80,77 dengan ketuntasan siswa 77,77%. Dari hasil ini membuktikan bahwa penggunaan macromedia flash untuk siswa kelas X A MAN Nganjuk berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200402 Computational Linguistics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040903 'Ilmu al-Ashwat (Arabic Phonology and Phonetics) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 01:26 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 01:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1014 |
Actions (login required)
View Item |