Afandi, Moh. Yusuf (2023) الأخطاء اللغوية في الكتاب درس اللغة العربية للصف التاسع من المدرسة المتوسطة الإسلامية في المستوى الثاني لهيئة المدرسين في كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932501119_prabab.pdf Download (7MB) |
|
Text
932501119_bab1.pdf Download (755kB) |
|
Text
932501119_bab2.pdf Download (483kB) |
|
Text
932501119_bab3.pdf Download (808kB) |
|
Text
932501119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
|
Text
932501119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
Text
932501119_bab6.pdf Download (475kB) |
|
Text
932501119_daftarpustaka.pdf Download (405kB) |
|
Text
932501119_lampirandanriwayathidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
Abstract
ABSTRAK Afandi, Moh. Yusuf. Ahmad Sholihuddin, M. Pd. dan Ratna Saidah, M. Ag. Kesalahan Bahasa pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas IX MTs Semester Genap yang Disusun Oleh MGMP Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Buku ajar, kesalahan bahasa, bahasa Arab. Dalam dunia pendidikan, terdapat sebuah buku ajar, yaitu buku yang digunakan untuk memperjelas dan mempermudah penyajian materi agar peserta didik lebih aktif untuk belajar dan mandiri menuju ilmu atau keterampilan yang diharapkan. Buku ajar harus memiliki kualitas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dalam Permendikbud RI Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 3 Ayat 5 menyebutkan bahwa bagian isi buku dalam buku ajar harus memenuhi beberapa aspek, yaitu aspek materi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikaan. Fokus dari penelitian ini terletak pada aspek kebahasaan. Pada kenyataannya masih terdapat buku ajar yang belum memenuhi aspek penggunaan bahasa yang baik dan benar, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahankesalahan bahasa yang terdapat pada buku ajar bahasa Arab kelas IX MTs semester genap yang disusun oleh MGMP Kabupaten Kediri, dan pembetulan dari kesalahankesalahan bahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis), di mana peneliti melakukan analisis terhadap buku ajar dan mempelajari berbagai buku referensi untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan bahasa dalam buku ajar bahasa Arab tersebut. Kesalahan tersebut ditinjau dari tiga sisi, yakni dari segi sintaksis, morfologi, dan kitabah. Kesalahan sintaksis terdiri dari delapan bentuk kesalahan. Sedangkan untuk kesalahan morfologi terdiri dari enam bentuk kesalahan. Kemudian untuk kesalahan kitabah terdiri dari empat bentuk kesalahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Moh Yusuf Afandi |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:11 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10014 |
Actions (login required)
View Item |