Hubungan Self Esteem Dengan perilaku Prokrastinasi Akademik pada siswa kelas IX Unggulan MTsN 2 Kediri

aziz,, Andi Abdul (2016) Hubungan Self Esteem Dengan perilaku Prokrastinasi Akademik pada siswa kelas IX Unggulan MTsN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIIN KEDIRI.

[img] Text
933400712-cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
933400712-abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text
933400712-daftar lampiran.pdf

Download (591kB)
[img] Text
933400712-prabab.pdf

Download (923kB)
[img] Text
933400712-bab1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
933400712-bab2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
933400712-bab3.pdf

Download (362kB)
[img] Text
933400712-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text
933400712-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
933400712-bab6.pdf

Download (297kB)
[img] Text
933400712-daftar pustaka.pdf

Download (390kB)

Abstract

Belajar merupakan kewajiban siswa. Keberhasilan siswa dalam pendidikan yang ditempuh tergantung pada proses belajar yang dilakukan siswa tersebut. Perilaku belajar seorang siswa sangat berpengaruh terhadap kelangsungan pembelajarannya. Salah satu permasalahan yang sering dilakukan siswa dalam proses belajar berkaitan dengan pengelolaan waktu atau disiplin waktu. Prokrastinasi merupakan istilah dalam literatur ilmiah psikologi yang menunjukkan pada perilaku ketidak disiplinan terhadap waktu. Indikasi terdapatnya prokrastinasi pada siswa adalah lamanya selalu menunda-nunda mengerjakan tugas-tugas akademik yang harus diselesaikan. Banyak faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik, salah satunya yaitu harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui tingkat Self Esteem pada subjek. 2) Mengetahui tingkat prokrastinasi akademik pada subjek. 3) Hubungan antara Self Esteem dengan perilaku Prokrastinasi Akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif, dengan subjek penelitian siswa kelas IX unggulan MTsN 2 Kediri berjumlah 80 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala Self Esteem dan skala Prokrastinasi Akademik. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Dan menggunakan taraf kesalahan 5%. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Self Esteem pada subjek penelitian tergolong sedang. 2) prokrastinasi akademik pada subjek penelitian tergolong sedang. 3) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi r = -0,021, p = 0,854 (p > 0,220) koefisien determinasi sebesar 4,41%. Hasil ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan negatif yang sangat rendah antara self esteem dengan prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 06 Nov 2019 01:57
Last Modified: 06 Nov 2019 01:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item