Pemanfaatan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Bilangan Cacah Menggunakan Media Kelereng Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gondangkulon Nganjuk

Andriani, Pitania Dwi (2022) Pemanfaatan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Bilangan Cacah Menggunakan Media Kelereng Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gondangkulon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607318_prabab.pdf

Download (945kB)
[img] Text
932607318_Bab 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
932607318_Bab 2.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932607318_Bab 3.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932607318_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
932607318_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
932607318_Bab 6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932607318_Daftar pustaka.pdf

Download (78kB)
[img] Text
932607318_suratpernyataan.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pemanfaatan metode small group discussion untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan menggunakan media kelereng pada mata pelajaran matematika siswa kelas 1 SD Negeri 1 Gondangkulon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara guru kelas sedangkan data sekunder yakni peserta didik dan RPP. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan metode small group discussion untuk meningkatkan keterampilan berhitung menggunakan kelereng mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum tindakan yang menunjukkan rata-rata sebesar 66. Sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 73. Pada siklus 2 meningkat menjadi 92. Rata-rata ketuntasan belajar sebelum dilaksanakan tindakan kelas adalah 17 dari 32 peserta didik yang nilainya tuntas mencapai KKM (53%). Setelah diadakan tindakan kelas, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 25 dari 32 peserta didik yang mengikuti tes nilainya tuntas mencapai KKM (78%) pada siklus I. Sedangkan pada siklus II ada 32 dari 32 peserta didik yang nilainya tuntas mencapai KKM (100%)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Depositing User: Pitania Dwi Andriani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:13
Last Modified: 21 Sep 2022 03:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item