Pengaruh Mata Kuliah BTQ (Baca Tulis Al-Qur'an) Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Pada Mahasiswa PAI Angkatan 2018 Di IAIN Kediri

Jami'ana, Nuriya Ludfi (2022) Pengaruh Mata Kuliah BTQ (Baca Tulis Al-Qur'an) Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Pada Mahasiswa PAI Angkatan 2018 Di IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932114818_bab1.pdf

Download (657kB)
[img] Text
932114818_bab2.pdf

Download (633kB)
[img] Text
932114818_bab3.pdf

Download (537kB)
[img] Text
932114818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
932114818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
932114818_bab6.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932114818_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Baca tulis al-Qur’an merupakan kegiatan seseorang dalam melisankan serta melambungkan huruf-huruf al-Qur’an. Pendidikan baca tulis al-Qur’an merupakan salah satu materi atau bahan pelajaran untuk mengarahkan siswa kepada kemampuan membaca, menulis, memahami, menghayati al-Qur’an dan menjadikannya sebagai pedoman hidupnya. Kemampuan baca tulis al-Qur’an merupakan ketrampilan yang dimiliki sebagai hasil pengalaman, pendidikan dan pelatihan. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis mengandung dimensi pembelajaran, artinya melakukan sesuatu tindakan melalui upaya yang sistematis dan rasional yang terakumulasi menjadi suatu ketrampilan, yang menghasilkan kecerdasan intelektual dan fisik melalui proses pengalaman, pendidikan dan latihan, sehingga dapat melakukan sesuatu itu lebih bermutu dan bermanfaat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mata kuliah baca tulis al-Qur’an pada mahasiswa PAI angkatan 2018 di IAIN Kediri; 2) Bagaimana kemampuan baca tulis al-Qur’an pada mahasiswa PAI angkatan 2018 di IAIN Kediri; 3) Bagaimana pengaruh mata kuliah baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an pada mahasiswa PAI angkatan 2018 di IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan regresi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket dengan jumlah populasi 441 mahasiswa kemudian di ambil sampel sebanyak 111 mahasiswa PAI angkatan 2018 yang sudah mengikuti mata kuliah baca tulis al-Qur’an dan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Mata kuliah baca tulis al-Qur’an dikategorikan sangat tinggi dengan nilai rata-rata (mean) 30,06; 2) Kemampuan baca tulis al-Qur’an dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata (mean) 70,93; 3) Terdapat hubungan yang kuat dengan nilai pearson correlation sebesar 0,639 dan terdapat pengaruh mata kuliah baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an dengan besarnya pengaruh mata kuliah baca tulis al-Qur’an 0,390 atau sebesar 39%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuriya Ludfi Jami'ana
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:23
Last Modified: 05 Aug 2022 02:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5449

Actions (login required)

View Item View Item