Pengaruh Disiplin Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Prambon

Nuha, Afina Ulin (2021) Pengaruh Disiplin Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Prambon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120017_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120017_bab1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932120017_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120017_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932120017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text
932120017_bab6.pdf

Download (951kB)
[img] Text
932120017_daftarpustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932120017_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AFINA ULIN NUHA, Dosen Pembimbing Ninik zuroidah, M.Si, dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Si., : Pengaruh Disiplin Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Prambon, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2021. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami suatu proses belajar. Hasil belajar diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu materi. Telah banyak studi empiris membuktikan banyaknya faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya disiplin belajar dan minat belajar. Disiplin belajar dan minat belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki tingkat disiplin dan minat belajar yang tinggi cenderung memiliki hasil belajar yang baik, ketepatan dalam mengerjakan tugas dari guru, serta memiliki pemahaman yang baik. Sedangkan siswa yang memiliki disiplin belajar dan minat belajar yang rendah cenderung memiliki sikap acuh atas pemberian tugas yang diberikan oleh guru dan memiliki minat yang rendah terhadap apa yang disampaikan oleh guru, sehingga berpengaruh dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII, 2) Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII, 3) Pengaruh Disiplin Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi dengan populasi seluruh kelas VIII SMPN 1 Prambon dengan sampel 140 siswa yang tersebar dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data korelasional dengan menggunakan jenis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar kelas VIII dengan nilai sig 0,016 < 0,05 dan koefesien determinasi sebesar 0,083. Hal ini berarti 8,3% ditentukan oleh disiplin belajar siswa dengan demikian Hа diterima dan Hо ditolak. 2) Tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dengan nilai sig 0,740 > 0,05 dan koefesien determinasi sebesar 0,02. Hal ini berarti hanya 0,2% ditentukan oleh minat belajar dengan demikian Hо diterima dan Hа ditolak. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan koefesien determinasi 0,153 hal ini berati ditentukan oleh disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar hanya 15,3% dengan demkian Hа diterima dan Hо ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:06
Last Modified: 22 Jun 2022 07:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4793

Actions (login required)

View Item View Item