Implementasi Metode Problem Based Learning Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kedir

Rasyid, Muhammad Agus Ainur (2021) Implementasi Metode Problem Based Learning Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kedir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112616_prabab.pdf

Download (539kB)
[img] Text
932112616_bab1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932112616_bab2.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932112616_bab3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932112616_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
932112616_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
932112616_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932112616_daftarpustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932112616_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK M. AGUS AINUR RASYID, Dosen pembimbing Dr. H. ANIS HUMAIDI, M. Ag., dan MOHAMMAD ASY’ARI, M. H.I.: Implementasi Metode Problem Based Learning di Tengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kediri. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Implementasi Problem Based Learning, Pandemi Covid-19 Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Di harihari normal guru dapat bertatap muka dengan peserta didik secara langsung, akan tetapi semuanya berubah semenjak sistem social distancing diterapkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1. Perencanaan metode Problem Based Learning di tengah Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kediri, 2. Penerapan metode Problem Based Learning di tengah Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kediri, dan 3. Sistem evaluasi metode Problem Based Learning di tengah Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Dalam rangka memperoleh data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapaun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1. Perencanaan dalam penerapan metode Problem Based Learning di tengah Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kediri kepala Madrasah beserta staf-stafnya mengadakan rapat untuk membahas program pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 dan menyusun kalender pendidikan, menyusun program tahunan, menyusun program semester, menyusun RPP, menyusun pekan efektif dan lain sebagainya. 2. Penerapan metode Problem Based Learning di tengah Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kediri dilakukan dengan menggunakan sistem pembelajaran online dan langkah-langkah dalam pembelajaran mengalamai beberapa perubahan menyesuaikan dan dimodifikasi dengan sistem pembelajaran online. 3. Sistem Evaluasi metode Problem Based Learning di tengah Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Al-Amien Rejomulyo Kediri dilakukan dengan memanfaatkan media aplikasi Microsoft Word, WhatsApp dan Youtube.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:07
Last Modified: 20 Jun 2022 03:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item