Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Produktivitas Ditinjau Dari Manajemen Syariah (Studi Kasus di Batik And Art Gallery Lochatara, Jl. Kenanga 07/02, Jajar, Kec. Wates, Kab. Kediri)

Putri, Kiki Maya (2021) Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Produktivitas Ditinjau Dari Manajemen Syariah (Studi Kasus di Batik And Art Gallery Lochatara, Jl. Kenanga 07/02, Jajar, Kec. Wates, Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931322516_prabab.pdf

Download (535kB)
[img] Text
931322516_bab1.pdf

Download (754kB)
[img] Text
931322516_bab2.pdf

Download (605kB)
[img] Text
931322516_bab3.pdf

Download (134kB)
[img] Text
931322516_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
931322516_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931322516_bab6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
931322516_daftarpustaka.pdf

Download (347kB)
[img] Text
931322516_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KIKI MAYA PUTRI. Dosen pembimbing Bapak ACHMAD MUNIF, SE., MM dan Ibu Dr. SULISTYOWATI, M.EI. Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Produktivitas Ditinjau dari Manajemen Syariah (Studi Kasus di Batik And Art Gallery Lochatara, Jl. Kenanga 07/02, jajar, kec. Wates, kab. Kediri). Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Produk, Produktivitas, Manajemen Syariah Di era moderen sekarang ini creativity economy, teknologi, serta informasi dunia ini sudah berkembang sangat maju, serta menjadikan penentu pertumbuhan dunia wirausaha. Maka dari itu pelaku bisnis dituntut untuk terus berkreasi dan berinovasi. Salah satu langkah untuk menyalurkan ide kreatif para pelaku usaha adalah dengan melakukan pengembangan produk yang menonjolkan keunikan tersendiri. Pengembangan produk berkaitan sangat erat dengan keberhasilan suatu perusahaan serta peningkatan produktivitas. Penelitian dengan judul ”Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Produktivitas Ditinjau dari Manajemen Syariah (Studi Kasus Batik And Art Gallery Lochatara, Jl. Kenanga 07/02, Jajar, kec. Wates, kab. Kediri)”, memiliki rumusan masalah 1) Bagaimana Strategi Pengembangan Produk pada Batik Lochatara Wates, 2) Bagaimana Strategi Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Produktivitas ditinjau dari Manajemen Syariah pada Batik Lochatara Wates?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif,. Data dan informasi yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dokumentasi diperoleh dari data pengembangan produk yang dilakukan oleh Batik Lochatara yang diolah, data perusahaan lainya yang mendukung, dan wawancara yang dilakukan dengan bertanya kepada Bapak Heri Setiawan selaku owner dan pemimpin Batik Lochatara. Dari hasil analisa yang telah dilakukan bahwa adanya hubungan keterkaitan yang erat antara pengembangan produk dengan peningkatan produktivitas dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien. Hal ini dapat dilihat pengembangan produk yang dilakukan Batik Lochatara dapat menambah produk-produk unggulan yang dihasilkan, yang tentunya dengan menjaga kualitas dari setiap produknya. Keberhasilan terhadap pencapaian target peningkatan produktivitas dalam pembuatan produk pada Batik Lochatara adalah diukur dari kinerja hasil outcome performance, lebih menunjukkan pada hasil yang dicapai dari modal yang digunakan pada kurun waktu atau periode tertentu. Di sisi lain, dalam menjalankan usaha khususnya bagi pengusaha muslim,dalam pengelolahan manajemennya harus berdasarkan syariat Islam. Hal ini guna meningkatkan kapasitas keimanan dalam berbisnis bahwa dalam berbisnis kita dituntut tidak hanya sekedar mengejar keuntungan di dunia saja melainkan juga mengejar keberkahan di akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 31 May 2022 03:52
Last Modified: 31 May 2022 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item