تحليل محتوى الكتاب "دروس اللغة العربية" الجزء األول إلمام زركشي وإمام شباني بنظر إلى عناصر تطوير الكتب المدرسية العربية عند شمس الدين أشرفي

Nurfiatin, Nurfiatin (2019) تحليل محتوى الكتاب "دروس اللغة العربية" الجزء األول إلمام زركشي وإمام شباني بنظر إلى عناصر تطوير الكتب المدرسية العربية عند شمس الدين أشرفي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932507215 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932507215 BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
932507215 BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932507215 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
932507215 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
932507215 BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932507215 Daftar Pustaka.pdf

Download (349kB)
[img] Text
932507215 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Isi Buku “Durus al-Lughoh al�Arobiyah” karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubani dengan Unsur Pengembangan Buku Teks Bahasa Arab Prespektif Syamsuddin Asyrofi” : Penelitian ini membahas bahwasanya buku termasuk sumber utama dalam proses pembelajaran, maka penyusunan buku teks bahasa arab seharusnya mempunyai suatu bentuk yang menarik, dan mampu merangsang minat siswa untuk termotivasi dalam mempelajari bahasa arab. Semakin berkualitas buku teks bahasa arab maka akan lebih mudah untuk dipelajari. Analisis buku “Durusullughoh al-Arobiyah” ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku “Durusullughoh al-Arobiyah” dari segi isi penyajian dan materi sesuai dengan unsur perkembangan buku teks bahasa arab berdasarkan pada prespektif Syamsuddin Asyrofi. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research yaitu dengan cara pengambilan datanya dari bahan-bahan tertulis (khususnya berupa kajian teori). dan dihimpun dari dua macam sumber, yaitu sumber data primer dan sekunder. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Kemudian metode analisa data yang digunakan berupa Data texttular yang mana sering dianalisis menurut isinya, maka disebut dengan analisis isi (Content Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan pada buku ini belum memenuhi pada unsur pengembangan buku teks bahasa arab yang baik sesuai persektif Syamsuddin Asyrofi. Diantaranya dari penyajian buku yang sangat sederhana dan materi yang cukup singkat. Sehingga belum mencagkup pada isi bahan ajar, ketepatan cakupan, ketecernaan materi, penggunaan bahasa, dan kelengkapan komponen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:04
Last Modified: 15 Mar 2022 02:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item