Peran Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Home Industry Shuttlecock (Studi Pada Ud Antariksa Di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk)

Abdullah, Muklis (2021) Peran Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Home Industry Shuttlecock (Studi Pada Ud Antariksa Di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931316516_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931316516_bab1.pdf

Download (628kB)
[img] Text
931316516_bab2.pdf

Download (442kB)
[img] Text
931316516_bab3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
931316516_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
931316516_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
931316516_bab6.pdf

Download (185kB)
[img] Text
931316516_daftarpustaka.pdf

Download (412kB)
[img] Text
931316516_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
931316516_suratpernyataan.pdf

Download (371kB)

Abstract

Promosi mempunyai peranan yang sangat penting. Adanya penggunaan promosi diharapkan produk yang akan dihasilkan oleh perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Karena itu strategi dalam melaksanakan promosi harus dilakukan secara tepat. Shuttlecock adalah bola yang dipakai untuk permainan bulu tangkis. Shuttlecock ini banyak diproduksi di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Desa ini dikenal sebagai desa pengrajin shuttlecock karena mayoritas warganya memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin shuttlecock. Home industry shuttlecock yang terbesar di desa tersebut adalah UD. Antariksa yang mendapatkan penjualan terbanyak. Awalnya promosi yang dilakukan oleh pemilik Home industry shuttlecock UD. Antariksa dengan menawarkan produknya kepada para pedagang atau tengkulak/pengepul yang dikenal oleh pemilik untuk berkerja sama. Kemudian, tahun 2016 promosi mulai dilakukan secara online yaitu melalui media sosial facebook sebagai sarana penyampaian informasi terkait keberadaan produk. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan peran strategi promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Home Industry Shuttlecock UD. Antariksa di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di home industry suttlecock UD. Antariksa milik Bapak H. Sumarno di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Strategi promosi yang dilakukan Home Industry Shuttlecock UD. Antariksa di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk yaitu: pertama, melakukan penawaran penjualan secara langsung kepada pedagang atau tengkulak; Kedua, bekerja sama dalam aktivitas penjualan dengan pedagang atau tengkulak; serta Ketiga, mengunggah atau menunjukkan informasi produk ke media sosial Facebook dan menanggapi komentar dari konsumen. (2) Strategi promosi yang dilakukan oleh pemilik Home Industry Shuttlecock UD. Antariksa di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan volume penjualannya memiliki peran yaitu: Pertama, sebagai variabel pembentuk respon calon konsumen; Kedua, sebagai elemen penghubung antara nilai produk dengan konsumen; dan Ketiga, sebagai faktor pendorong keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muklis Abdullah
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:56
Last Modified: 04 Mar 2022 03:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3602

Actions (login required)

View Item View Item