Motivasi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kaos Khas Kediri Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kasus Di Kaos Gaplek Kediri)

Epriliana, Novita (2021) Motivasi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kaos Khas Kediri Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kasus Di Kaos Gaplek Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931300517_prabab.pdf

Download (512kB)
[img] Text
931300517_bab1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
931300517_bab2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
931300517_bab3.pdf

Download (115kB)
[img] Text
931300517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
931300517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
931300517_bab6.pdf

Download (86kB)
[img] Text
931300517_daftarpustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
931300517_suratpernyataan.pdf

Download (134kB)

Abstract

NOVITA EPRILIANA, 2021. Dosen Pembimbing Dr. Ali Samsuri, M.EI dan Ulin Ni’mah Rodliya U, M.Pd. MOTIVASI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KAOS KHAS KEDIRI PERSPEKTIF KONSUMSI ISLAM (STUDI KASUS PADA KAOS GAPLEK KEDIRI), Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Kata Kunci: Motivasi Konsumen, Konsumsi Islam Konsumsi merupakan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Abraham Maslow mengemukakan lima kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Lima hierarki kebutuhan itu, yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan ego, kebutuhan aktualisasi diri. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, ada prinsip konsumsi Islam yang harus diperhatikan, yaitu prinsip kesatuan, prinsip kehalalan, prinsip keadilan, prinsip kesederhanaan, dan prinsip kebersihan. Kaos Gaplek Kediri merupakan salah satu fashion store yang menjual barang-barang yang memiliki ciri khas dari Kediri, seperti frasa khas percakapan warga Kediri, tempat-tempat bersejarah di Kediri, lain sebagainya. Motivasi konsumen dalam keputusan pembelian kaos khas Kediri ini sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut, karena sifat rasa cinta konsumen dalam melakukan pembelian Kaos Gaplek bisa dibilang berulang-ulang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1)Untuk mengetahui motivasi konsumen Kaos Gaplek Kediri dalam keputusan pembelian, 2)Untuk mengetahui motivasi konsumen Kaos Gaplek Kediri dalam keputusan pembelian menurut perpektif Konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari pemilik Kaos Gaplek, konsumen Kaos Gaplek, serta data tambahan berupa dokumen. Dalam menganalisis data penulis menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan dua teknik, yaitu: triangulasi dan memperpanjang pengamatan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Motivasi yang paling dominan muncul pada konsumen dalam membeli produk Kaos Gaplek adalah kebutuhan fisiologis dan aktualisasi diri. Sedangkan pada klasifikasi motif, konsumen melakukan pembelian di Kaos Gaplek Kediri atas dasar motivasi rasional dan motivasi emosional. 2)Kemudian jika dilihat dari perspektif konsumsi Islam motivasi yang paling dominan muncul pada konsumen dalam membeli produk Kaos Gaplek adalah kebutuhan akan kesatuan dan kebutuhan akan kebersihan. Sebagian besar konsumen Kaos Gaplek sudah menerapkan prinsip-prinsip dalam konsumsi Islam. Namun ada sebagian kecil konsumen belum menerapkan prinsip-prinsip dalam konsumsi Islam yakni prinsip kehalalan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: NOVITA EPRILIANA
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:07
Last Modified: 21 Feb 2022 03:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item