Pengaruh Ektrakurikuler Dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020

Zulfa, Afrilia Nur Umuriz (2020) Pengaruh Ektrakurikuler Dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134716 prabab.pdf

Download (549kB)
[img] Text
932134716 bab1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932134716 bab2.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932134716 bab3.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932134716 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
932134716 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
932134716 bab6.pdf

Download (47kB)
[img] Text
932134716 daftar pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
932134716 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ektrakulikuler dan sikap belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTS negeri 4 Kediri. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu kestrakulikuler dan sikap belajar siswa sebagai variabel bebas dan terhadap hasil belajar sebagai varibel terikat. Penelitian ini menguji teori taksonomi Bloom yang secara garis besar membaginya menjadi tiga ranah, yakni ranah kognitif (ranah yang mencakup kemampuan intelektual mengenal kemampuan dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks), ranah afektif (ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai - nilai), dan ranah psikomotorik (ranah yang berkaitan dengan keterampilan atau kemampuan bertindak setelah ia menerima pengalaman belajar tertentu seperti Ekstrakurikuler). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan dokumentasi untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan angket untuk mengukur pengaruh dari ektrakulikuler dan sikap belajar. Poplasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler yang berjumlah 110 siswa, yang mana sempelnya berjumlah 86 siswa. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik rondom sampling dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Hasil uji hipotesisnya, yaitu 1) Mengetahui pengaruh ektrakulikuler terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTS negeri 4 Kediri yang hasilnya bahwa pengaruhnya dapat dilihat pada Uji T nilai signifikansinya adalah 0,048; 2) Mengetahui pengaruh sikap terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTS negeri 4 Kediri yang hasilnya mempengaruhi dengan nilai signifikansi pada uji T adalah 0,002; 3) Mengetahui pengaruh ektrakulikuler dan sikap belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTS negeri 4 Kediri yang hasil pengaruhnya dapat dilihat dari Uji F sebesar 0,008.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:38
Last Modified: 11 Jan 2022 00:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item