Studi Komparasi Pendekatan Pembelajaran Student Center Learning Dan Teacher Center Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTsN 5 Trenggalek

Ummah, Fina Tafrikhiyatul (2020) Studi Komparasi Pendekatan Pembelajaran Student Center Learning Dan Teacher Center Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTsN 5 Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122416 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932122416 bab1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
932122416 bab2.pdf

Download (555kB)
[img] Text
932122416 bab3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932122416 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
932122416 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
932122416 bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932122416 daftar pustaka.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932122416 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Belajar adalah perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh pengalaman. Perubahan tingkah laku dalam belajar dapat diamati dan diukur dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Pengalaman dapat diperoleh melalui pendidikan formal dan non formal, pendidikan formal salah satunya adalah di sekolah. Dalam proses pembelajaran salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah pendekatan pembelajaran. Secara garis besar pendekatan pembelajaran ada dua, yakni Student Center Learning dan Teacher Center Learning. Student Center Learning merupakan metode pembelajaran yang memberdayakan peserta didik menjadi pusat perhatian selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan Teacher Center Learning merupakan metode pembelajaran dimana proses pengajaran ini segala sesuatunya berpusat pada guru sebagai sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VII yang menggunakan pendekatan pembelajaran Student Center Learning model PBL (Problem Based Learning) dan pendekatan pembelajarn Teacher Center Learning dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah komparasi dengan desain Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII di MTsN 5 Trenggalek yang terbagi atas kelompok Student Center Learning dengan jumlah 27 siswa dan kelas Teacher Center Learning yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini memperoleh data sebagai berikut: rata-rata hasil belajar Student Center Learning sebesar 82,61 diperoleh dari nilai kognitif 83,56 dan afektif 81,67dan rata-rata hasil belajar Teacher Center Learning sebesar 81,19 diperoleh dari nilai kognitif 82,52 dan afektif 79,85. Berdasarkan hasil analisis independent t-test diperoleh t sebesar thitug 2.843 dengan df=52 maka diperoleh ttabel 1.674, sehingga thitung > ttabel = 2.843 > 1.674, maka terdapat perbedaan antara hasil belajar yang menerapkan Student Center Learning dan Teacher Center Learning sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menerapkan pendekatan pembelajaran Student Center Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran Teacher Center Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:50
Last Modified: 30 Dec 2021 02:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item