Pengaruh Produk Dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Pengunjung Memilih Wisata Buatan (Studi Pada Wisata Bale Tani Jombang)

Kumalasari, Dwi (2020) Pengaruh Produk Dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Pengunjung Memilih Wisata Buatan (Studi Pada Wisata Bale Tani Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931311515 prabab.pdf

Download (660kB)
[img] Text
931311515 bab1.pdf

Download (589kB)
[img] Text
931311515 bab2.pdf

Download (583kB)
[img] Text
931311515 bab3.pdf

Download (676kB)
[img] Text
931311515 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
931311515 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
931311515 bab6.pdf

Download (336kB)
[img] Text
931311515 daftar pustaka.pdf

Download (357kB)
[img] Text
931311515 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini, kunjungan wisata ke suatu daerah sudah menjadi bagian dari gaya hidup untuk memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan masyarakat. Pengelola bertindak dalam pengembangan objek wisata untuk menarik perhatian wisatawan baik berupa produk yang menarik dan bukti fisik yang memberikan kenyamanan terhadap pengunjung dengan harapan agar datang berkunjung ke objek wisata tersebut. Masyarakat akan lebih memilih berkunjung pada wisata yang dapat memberikan produk maupun bukti fisik lebih dari yang mereka harapkan agar dapat menarik wisatawan untuk memutuskan berkunjung pada wisata tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, yaitu teknik yang memberi peluang atau kesempatan yang sama pada setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung wisata buatan Bale Tani Jombang dengan sampel yang berjumlah 349 pengunjung. Hasil penelitian menujukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan (r) maka, antara variabel produk (X1) dan keputusan berkunjung (Y) sebesar 0,660 artinya berhubungan kuat. Antara variabel bukti fisik (X2) dan keputusan berkunjung (Y) sebesar 0,504 artinya berhubungan sedang. Dan antara variabel X1 dan X2 sebesar 0,182 artinya berhubungan lemah. Maka antara variabel bebas dan terikat, secara parsial terbukti memiliki hubungan. Dari uji korelasi berganda diperoleh Sig. F change sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti produk dan bukti fisik bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 23,316 + 0,197 X1 + 0,150 X2. Nilai determinasi (R2) sebesar 0,588 atau 58,8%. Hal ini menunjukkan bahwa produk dan bukti fisik berpengaruh sebesar 58,8% terhadap keputusan berkunjung di wisata buatan Bale Tani Jombang. Sedangkan sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi oleh variabel lain (price, promotion, place, people, process) yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 09 Nov 2021 01:47
Last Modified: 09 Nov 2021 01:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item