Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Kelas XI di MAN 1 Nganjuk

Yusuf, Sayid Ahmad (2020) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Kelas XI di MAN 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132716 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132716 BAB 1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
932132716 BAB 2.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932132716 BAB 3.pdf

Download (138kB)
[img] Text
932132716 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
932132716 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
932132716 BAB 6.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932132716 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932132716 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di MAN 1 Nganjuk, madrasah yang memiliki iklim baik dalam pengelolaan kecerdasan, termasuk kecerdasan emosional yang lebih diperhatikan oleh setiap guru. Dengan melibatkan kerja sama antara guru dengan siswa kecerdasan emosional siswa di kelas, maupun di luar kelas dapat teratasi dengan baik. Guru di MAN 1 Nganjuk yang rata-rata memiliki gelar sarjana S2, termasuk kedua Guru Akidah Akhlak kelas XI yang mendorong proses pembelajaran siswa di kelas menjadi menarik dan unik, dengan penerapan beberapa metode seperti Map Maping, diskusi, Jigsaw, bermain peran, dan lain-lain. Sedangkan di luar kelas siswa akan mendapat perhatian, pemahaman dan pengertian khusus dari internal madrasah. Seperti kegiatan ekstra, kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Sebagian siswa juga mendapat perhatihan tambahan dari kyai maupun ustad dan ustadzah pondok, dengan rata-rata bertempat tinggal di lingkungan pesantren seperti pondok pesantren Al-Fattah, Al-Halim dan Al-Aini. Dalam hal ini upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada kelas XI. Dengan fokus penelitian diantaranya: 1) Bagaimana upaya Guru Akidah Akhlak dalam melatih kecerdasan emosional (EQ) pada siswa kelas XI di MAN 1 Nganjuk?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kecerdasan emosional (EQ) pada siswa kelas XI di MAN 1 Nganjuk? Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tiga metode dalam memperoleh data, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: 1. Upaya guru Akidah Akhlak dalam melatih kecerdasan emosional siswa. Melalui a. kegiatan di kelas b. kegiatan di luar kelas 2. Faktor pendukung dan penghambat kecerdasan emosional siswa, pendukung meliputi Internal a. Diri sendiri dan Keluarga yang terdukung dengan program agama, b. Banyaknya sarjarana guru S2. Sedangkan Eksternal meliputi a. dukungan luar madrasah, b. Sarana dan prasarana tercukupi c. Kegiatan ekstra, 3. Faktor Penghambat kecerdasan emosional siswa meliputi Internal meliputi a. diri sendiri b. keluarga tidak harmonis c. pergaulan teman sebaya. Sedangkan Eksternal meliputi a. Lingkungan Madrasah dan rumah, b. Pergaulan luar melibatkan pada komunitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:53
Last Modified: 30 Jul 2021 03:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item View Item